Yuliandra, Berry (2014) SEBUAH METODOLOGI PENGEMBANGAN PRODUK BERORIENTASI JASA BERBASIS KONSEP PRODUCT SERVICE SYSTEM (Studi Kasus: Produk Mobile Phone). S3 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
Teknik Magister Teknik Mesin 2014 Berry Yuliandra 1120912012.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan era globalisasi telah menyebabkan terjadinya berbagai perubahan pada lingkungan bisnis global sehingga menyebabkan munculnya konsep Product-Service System (PSS). Konsep PSS mengintegrasikan produk dan jasa dalam memenuhi kebutuhan konsumen Keberhasilan implementasi PSS sangat dipengaruhi oleh proses perancangan dan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metodologi desain produk berorientasi jasa berbasis konsep PSS dan kemudian merancang desain konseptual produk dan jasa yang saling terintegrasi berdasarkan hasil metodologi tersebut. Metodologi desain dikembangkan berdasarkan faktor desain produk dan jasa Faktor desain kritis ditentukan berdasarkan preferensi konsumen melalui survei terhadap konsumen. Metode pengambilan sampel adalah pengambilan sampel acak sederhana. Jumlah sampel minimum ditentukan menggunakan persamaan Bernoulli. Uji validasi dilakukan menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment dan uji reliabilitas dilakukan dengan metode Uji Alpha Cronbach. Nilas preferensi konsumen untuk masing-masing faktor desain dihitung menggunakan Metode Summated Ratings. Faktor desain kritis ditentukan berdasarkan hasil perhitungan Metode Summated Ratings yang ditransformasikan menjadi skor-T Hasil penelitian merekomendasikan metodologi desain yang terdiri atas tiga tahapan, yaitu: identifikasi kebutuhan desain, penentuan tingkat kepentingan kebutuhan desain dan dan integrası kebutuhan desain produk-jasa menjadi konsep desain PSS. Faktor-faktor desam produk dan jasa yang dikembangkan pada tahap identifikasi kebutuhan desain telah layak digunakan, setidaknya bagi produk mobile phone. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Cronbach's Alpha faktor desain produk sebesar 0,876 dan faktor desain jasa sebesar 0,844. Hal ini memunjukkan bahwa faktor desain produk dan jasa yang digunakan pada metodologi ini telah dapat digunakan pada proses pengembangan mobile phone berbasis konsep PSS dengan pengecualian faktor desain P13 (Single atau multi-card hybrid phones) yang tidak valid karena memiliki nilai Ping (memberikan hasil 0,207) lebih kecil dari nilai Tibet (0,250). Implementasi metodologi memberikan menunjukkan faktor desain produk yang memiliki tingkat preferensi tinggi adalah Teknologi telecommunication network support yang memiliki skor-T sebesar 127, Kemudahan merakit/ lepas-rakit (113) dan Spesifikasi processin unit (112) sementara bagi faktor desain jasa adalah Garansi produk (243), Jasa upgrade produk (218) dan Reliabilitas hasil pelayanan (123). Desain konseptual PSS berdasarkan keenam faktor desain tersebut dibagi ke dalam fungsi produk dan jasa. Fungsi produk yang disarankan adalah modular mobile phone dengan tingkat spesifikasi yang tinggi, sementara fungsi jasa yang disarankan adalah penyediaan jasa upgrade software dan perbaikan mobile phone.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Supervisors: | Dr.-lng Agus Sutanto ; Dr. Rika Ampuh Hadiguna |
Uncontrolled Keywords: | Product Service System (PSS), metodologi desain, mobile phone, Sumatera Barat, desain konseptual |
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > S3 Teknik Mesin |
Depositing User: | Ms Dian Budiarti |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 08:54 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 08:54 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/502050 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |