Nusatama, Mu'minatul Afifah (2025) VALIDASI MODEL RANGKAIAN EKUIVALEN UNTUK BATTERY PACK LiFePO4 SISTEM PENYIMPANAN ENERGI 12V DAN 24V. S1 thesis, Univesitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
COVER ABSTRAK buku TA afifah.pdf - Published Version Download (290kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1 buku TA afifah.pdf - Published Version Download (263kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5 buku TA afifah.pdf - Published Version Download (302kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA buku TA afifah.pdf - Published Version Download (221kB) |
![]() |
Text (Tugas Akhir full text)
buku TA afifah.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Seiring pertumbuhan kendaraan listrik yang mencapai lebih dari 10 juta unit terdaftar pada tahun 2020, kebutuhan akan sistem penyimpanan energi yang efisien semakin mendesak. Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi model rangkaian ekuivalen untuk baterai LiFePO4 dengan kapasitas 15 Ah dan 6 Ah, menggunakan data charge dan discharge dari pabrikan untuk memastikan akurasi model. Fokus utama penelitian mencakup identifikasi parameter penting seperti tegangan rangkaian terbuka (OCV), parameter zona eksponensial (A dan B), serta konstanta polarisasi (K), yang diperlukan untuk memodelkan performa baterai dalam sistem penyimpanan energi dengan konfigurasi 12V dan 24V. Selain itu, penelitian ini akan memvalidasi akurasi model terhadap performa baterai dan mengeksplorasi cara model ekuivalen dapat digunakan untuk menentukan State of Charge (SOC) pada kendaraan listrik. Dengan pendekatan berbasis data pabrikan, diharapkan model yang dihasilkan dapat memberikan representasi yang akurat dari karakteristik baterai dalam kondisi nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model rangkaian ekuivalen memberikan hasil yang baik pada pengujian discharging, namun kurang optimal saat charging karena efek polaritas dan ketidaksempurnaan relaksasi. Meskipun deviasi terhadap kurva pabrikan mencapai lebih dari 3% pada beberapa pengujian, model ini tetap layak digunakan karena parameter yang dihasilkan menunjukkan pola karakteristik baterai yang relevan. Estimasi SOC yang diperoleh berbasis OCV juga mencerminkan pendekatan praktis meski belum merepresentasikan nilai SOC aktual secara sempurna, akibat pengukuran OCV yang dilakukan saat baterai belum sepenuhnya mengalami relaksasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Zaini, S.T., M.Sc., Ph.D. |
Uncontrolled Keywords: | Model Rangkaian Ekuivalen; baterai; BMS; LiFePO4; dan SOC |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | S1 Teknik Elektro |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 07:51 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 07:51 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/502046 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |