M.Al, Ayubi (2025) Pengaruh Penambahan Multi-Walled Carbon Nanotube sebagai Zat Aditif dalam Bio-Lubricant terhadap Sifat Keausan. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (486kB) |
![]() |
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (317kB) |
![]() |
Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version Download (296kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (272kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pelumas memegang peranan penting pada bagian-bagian mesin yang bergerak relatif, dengan mengurangi keausan akibat kontak langsung antara komponen-komponen tersebut. Saat ini, pelumas umumnya terbuat dari bahan sintetis dan mineral oil yang sulit terurai di lingkungan karena mengandung zat berbahaya. Untuk mengatasi hal tersebut, penting untuk mencari alternatif yang ramah lingkungan dan limbahnya mudah terurai secara alami, seperti pelumas berbahan dasar minyak nabati (biolubricant). Salah satu opsi yang dipertimbangkan adalah menggunakan minyak kelapa sawit yang melimpah di Provinsi Sumatera Barat. Namun, minyak kelapa sawit memiliki kelemahan seperti mudah teroksidasi dan rendahnya kemampuan menahan gesekan, sehingga memerlukan zat aditif, seperti nano partikel, yaitu salah satunya multi walled carbon nanotube (MWCNT), untuk meningkatkan sifat tribologi dari pelumas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai laju keausan serta wear scar akibat dilumasi dengan pelumas berbahan dasar minyak kelapa sawit dengan penambahan zat aditif MWCNT dan SPAN 60. Pengujian yang dilakukan yaitu pengujian sifat keausan dan pengamatan tekstur permukaan pin dan disk berupa scar diameter dan width dari pin dan disk. Pengujian dilakukan menggunakan alat uji tribometer tipe pin on disc, dengan memvariasikan beban 50 dan 100 N dan pada kecepatan putaran 500 dan 1400 rpm. Penambahan zat aditif MWCNT dan SPAN 60 dapat menurunkan laju keausan dan wear scar. Hal ini menunjukkan bahwa MWCNT dan SPAN 60 berfungsi secara efektif dalam mengurangi keausan yang terjadi selama pengujian.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dedison Gasni, Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | Biolubricant, minyak sawit, MWCNT, SPAN 60, wear rate, wear scar. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | s1 teknik mesin |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 02:33 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 02:33 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/501882 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |