Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pilihan Melanjutkan Pendidikan Bagi Siswa Sma Negeri Di Kabupaten Dharmasraya

Novialisa, Novialisa (2009) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pilihan Melanjutkan Pendidikan Bagi Siswa Sma Negeri Di Kabupaten Dharmasraya. S2 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Full Text)
S2 Pasca Sarjana 2009 Novialisa 06206120.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu langkah mencerdaskan manusia, karena pendidikan membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan tidak menjadi beban pembangunan dan masyarakat, karenanya pendidikan harus mampu meningkatkan kemampuan teknis berupa peningkatan kecakapan, profesi dan keahlian yang sesuai dengan tuntutan masyarakat. Pendidikan SMA lebih diutamakan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sehingga siswa SMA diharapkan melajutkan pendidikan agar bisa memiliki kemampuan teknis untuk bekal dalam memasuki dunia kerja. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan melanjutkan pendidikan bagi siswa SMA Negeri di Kabupaten Dharmasraya.. Responden dari penelitian ini adalah siswa kelas XII di tiga SMA Negeri yaitu SMA 1 P.Punjung, SMA 1 Koto baru dan SMA 1 Sitiung dengan total responden sebanyak 88 -orang siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif dan analisis regresi logistik. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah Pilihan Melanjutkan Pendidikan dan variabel bebasnya adalah jenis kelamin siswa, minat, harapan, prestasi akademik, pendapatan orang tua, pendidikan orang tua dan pekerjaan orang tua. Hasil penelitian menunjukan dari 88 reponden yang terdiri dari 44 siswa laki-laki dan 44 siswa perempuan, 50 orang dari reponden memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, 33 orang melanjutkan pendidikan karena keinginan sendiri sedangkan 17 orang reponden melanjutkan pendidikan bukan karena keinginan sendiri. Dari 50 orang yang ingin melanjutkan pendidikan 36 orang memiliki harapan akan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan 14 orang hanya untuk mendapatkan penghargaan dari masyarakat. Dari 50 orang yang melanjutkan pendidikan 37 orang merupakan siswa yang memiliki prestasi akademik sedangkan 13 orang tidakmemiliki prestasi akademik. Siswa yang orang tuanya berpendapatan dibawah 1,5 juta lebih menyarankan untuk mencari pekerjaan 22 orang (57%)dan 18 orang (36%) yang menyarankan untuk melanjutkan pendidikan sedangkan orang tua yang pendapatannya di atas 1,5 juta menyarankan anaknya untuk mencari pekerjaan 16 orang (42,10%) dan yang menyarankan untuk melanjutkan pendidikan 32 orang (64%). Orang tua yang memiliki pendidikan SMA lebih menyarankan agar anaknya melanjutkan pendidikan 29 orang (58%) dan orang tua yang pendidikannya dibawah SMA menyarankan anak melanjutkan pendidikan hanya 21 orang (42%). Hasil regresi logistik menunjukkan bahwa minat dan pendapatan orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap pilihan siswa untuk melanjutkan pendidikan sedangkan jenis kelamin siswa, harapan siswa, pendidikan orang tua, pekerjaan orang tua tidak berpengaruh secara signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Supervisors: Prof.Dr. SYafrizal. SE.MA ; Prof.Dr.sofyardi SE, MA
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (S2) > S2 Pembangunan Wilayah Dan Pedesaan
Depositing User: Naura Salsabila Afrizal
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:03
Last Modified: 01 Aug 2025 04:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/501145

Actions (login required)

View Item View Item