INDRA, ELFA (2015) COMPLAINT MANAGEMENT BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) KOTA PADANG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
S1 Ilmu Administrasi Negara 2015 Elfa Indra 1110843013.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini berTujuan untuk mendeskripsikan Complaint Management Badan Kepegawaian Daerah (BK.D) Kota Padang Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Konsep pelayanan prima belum diwujudkan secara nyaTa, lemahnya pelayanan aparatur pemerintah mengakibatkan lidak optimalnya fungsi pelayanan kepada masyarakat KUrang puasnya masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan, menyeBabkan timbulnya keluhan dan kritik dari masyarakat. Pemerintah daerah hARUS memberikan ruang kepada masyarakat untuk dapat menanggapi dan menyelesaikan pengaduan atas pelayanan publik yang diberikannya, untuk itu dituntut adanya Complaint Management yang optimal, untuk dapat merespon, menanggapi, dan menindaklanjuti complaint masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Teknik pengumpuian data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk melihat Complaint Management tersebut dari hasil penelitian. maka dilakukan teknik triangulasi. Penelitian ini menggunakan konsep yang peneliti tumnkan dari Davidow yaitu teori aspek-aspek Complaint Management. Berdasarkan teori yang peneliti gunakan ini, instansi pelayanan publik yang merespon pengaduan masyarakat harus memiliki enam dimensi yang dipaparkan oleh Davidow yaitu: timeliness/acilitation. redress, apology, credibility, dan attentiviness. Apabila keenam aspek tersebut dalam dilakukan dengan baik, maka dapat disimpulkan bahwa Complaint Management dilaksanakan secara optimal, dan sebaliknya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Malse Yulivestra, S.Sos, M.AP., Dr. Ria Ariany, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Complaint Management, Pelayanan Publik, Badan Kepegawaian Daerah |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Pustakawan Marne Dardanellen |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 04:55 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 04:55 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/501103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |