Caisaria, Sectio Ibnu (2014) Analisis Komunikasi Pemerintah Dalam Mewujudkan Good Governance (Studi Terhadap Pemanfaatan Layanan Sms Center Pada Pemerintah Kota Padang Panjang). S2 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Tesis Full Text)
S3 Disertasi 2010 Zarmiyeni 01301013.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Good Governance merupakan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang membutuhkan sinergitas dari unsur pemerintah, swasta dan masyarakat. Interaksi antar komponen tersebut memungkinkan adanya tindakan komunikasi dalam bentuk partisipasi masyarakat. Untuk mewujudkan partisipasi tersebut Pemerintah Kota Padang Panjang menyediakan saluran komunikasi berbasis teknologi informasi berupa layanan SMS Center. Melalui layanan ini dimungkinkan terjadinya interaksi diantara kedua belah pihak dimana masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya kepada pemerintah baik berupa pengaduan, kritikan, saran dan informasi. Dari sisi teknologi yang digunakan layanan SMS Center sangat sederhana pemanfaatan dan pengelolaannya (user friendly). Meskipun demikian di kalangan masyarakat Kota Padang Panjang, partisipasi masyarakat masih rendah dalam memanfaatkan layanan ini. Untuk itu rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana mekanisme layanan SMS Center yang disediakan oleh Pemerintah Kota Padang Panjang sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan masyarakat serta apakah kendala yang menyebabkan rendahnya partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan layanan tersebut. Peneletian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana untuk menganalisis permasalahan diatas digunakan apparatgeist theory untuk menemukan kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan layanan SMS Center Pemerintah Kota Padang Panjang. Penelitian ini menemukan bahwa persoalan rendahnya partisipasi tersebut disebabkan oleh kurangnya upaya publikasi oleh pemerintah tentang keberadaan layanan SMS Center. Penyebab lainnya adalah belum tersedianya ruang bagi masyarakat untuk berdialog secara interaktif seperti halnya pada fasilitas SMS biasa. Kongkritnya dalam konteks partisipasi, layanan SMS Center Pemerintah Kota Padang Panjang belum memiliki implikasi dalam mewujudkan good governance.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. rer.soz. Nursvirwan Effendi ; Dr. Indraddin. M.Si |
Uncontrolled Keywords: | SMS Center, Teknologi Komunikasi, Good Governance |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S2 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Naura Salsabila Afrizal |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 08:49 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 04:05 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/500995 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |