"Interpretasi Mahasiswa Pada Brand Smartphone Samsung, Apple, Dan Blackberry (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Fisip Unand)"

Hidayat, Ryan Andri (2014) "Interpretasi Mahasiswa Pada Brand Smartphone Samsung, Apple, Dan Blackberry (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Fisip Unand)". S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK ILMU KOMUNIKASI 2014 RYAN ANDRI HIDAYAT 0910861005.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang interpretasi mahasiswa pada brand smartphone Samsung, Apple, dan Blackberry (studi deskriptif pada mahasiswa Fisip, Universitas Andalas). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana interpretasi mahasiswa pada brand smartphone Samsung, Apple, dan Blackberry tersebut. Bagaimana brand image dan brand awareness dari masing-masing informan. Kemudian peneliti juga menjelaskan bagaimana atribusi dari masingmasing informan dalam memilih smartphone yang mereka gimakan. Peneliti menggunakan teori atribusi dari Fritz Heider. Dalam teori ini terdapat dua macam atribusi yaitu atribusi internal dan atribusi ekstemal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode wawancara dimana peneliti mewawancarai mahasiswa Fisip yang sesuai dengan kriteria penelitian. Peneliti juga melakukan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setiap informan memiliki interpretasi mereka masing-masing. Hal ini terlihat dari brand image informan pada smartphone Samsung, Apple, dan Blackberry. Dari sisi brand awareness, semua informan berada pada tingkat yang sama yaitu top of mind dan kenal dengan merek dan produk yang dihasilkan oleh Samsung, Apple, dan Blackberry. Berdasarkan teori atribusi, informan terbagi dalam dua atribusi yaitu internal, dimana keputusan mereka didasari oleh keinginan dari dalam diri dan ekstemal dimana keputusan mereka didasari oleh keadaan lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Drs. Rinaldi Eka Putra, M.Si.,; Yesi Puspita, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: interpretasi, brand image, brand awareness,atribusi, smartphone
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan Marne Dardanellen
Date Deposited: 02 Jul 2025 08:15
Last Modified: 02 Jul 2025 08:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/500115

Actions (login required)

View Item View Item