Analasis Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan Dan Manajemen Permintaan Serta Pengembangan Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UMKM Hidroponik Di Kota Padang

Rahma, Shalsabilla (2025) Analasis Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan Dan Manajemen Permintaan Serta Pengembangan Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UMKM Hidroponik Di Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
cover dan abstrak..pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (Bab I)
bab 1 pendahuluan..pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (Bab akhir (V))
bab v watermark.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka watermark.pdf - Published Version

Download (263kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full text)
Final skripsi Shalsabilla rahma 1810223010.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 19 June 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan kesadaran masyarakat di kota Padang akan kesehatan, Diikuti oleh meningkatnya permintaan terhadap sayuran hidroponik. Sayuran hidroponik di kota padang diproduksi oleh UMKM, Dalam perkembangannya, UMKM ini masih menghadapi sejumlah kendala terutama daya saing. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai masalah terkait pengelolaan hubungan pelanggan, permintaan dan pengembangan produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana manajemen hubungan pelanggan, manajemen permintaan dan pengembangan produk dapat mempengaruhi keunggulan bersaing pada UMKM Hidroponik di Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 32 responden pelaku UMKM hidroponik. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen hubungan pelanggan, manajemen permintaan, dan pengembangan produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM hidroponik. Secara spesifik, manajemen hubungan pelanggan berkontribusi dalam membangun loyalitas pelanggan, manajemen permintaan membantu dalam perencanaan produksi yang efisien, dan pengembangan produk yang inovatif meningkatkan daya saing di pasar. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 59,3% menunjukan bahwa ketiga variabel independen dapat menjelaskan variasi keunggulan bersaing. Penelitian ini menyimpulkan bahwa UMKM hidroponik di Kota Padang perlu meningkatkan penerapan ketiga aspek tersebut secara terintegrasi untuk mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr.Ir.Ifdal M.Sc ; Dr. Widya Fitriana, SP.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen hubungan pelanggan ; Manajemen Permintaan ; Pengembangan Produk ; Keunggulan Beraing ; UMKM Hidroponik
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 19 Jun 2025 07:23
Last Modified: 19 Jun 2025 07:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/498965

Actions (login required)

View Item View Item