Okky, Anedya Kinanti (2013) Penyelesaian Klaim Asuransi kerugian di PT. Asuransi Sinar Mas Padang (Studi Pada Peristiwa Kebakaran di Komplek Nusantara Building Pasar Raya Padang). S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Full Text)
S1 Hukum 2013 Okki Anedya Kinanti 0910112109.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kehidupan dan kegiatan manusia pada hakikatnya mengandung berbagai hal yang menunjukkan suatu sifat yang tidak kekal, dimana sifat tidak kekal ini selalu menyertai kehidupan dan kegiatan manusia itu sendiri, baik ia sebagai pribadl, dalam kelompok, maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Keadaan tidak kekal itupun dapat mengakibatkan suatu keadaan yang tidak dapat diprediksi secara tepat, sehingga akan memberikan rasa yang tidak pasti, yang dapat terwujud dalam berbagai bentuk dan peristiwa yang biasanya akan selalu membuat manusia untuk selalu waspada dan berhati-hati. Kemungkinan terhadap peristiwa yang tidak pasti ini bisa menimbulkan suatu hal yang menguntungkan dan bisa juga hal yang merugikan. Kemungkinan manusia menderita kerugian, adanya rasa tidak aman inilah yang selanjutnya dikenal dengan risiko. Dalam menyikapi segala kemungkinan tersebut manusia mengharapkan keamanan atas harta benda mereka, mengharapkan kesehatan dan kesejahteraan sehingga tidak kurang sesuatu apapun. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh manusia adalah dengan menghindari serta mengurangi kemungkinan risiko yang terjadi, bahkan dapat ditanggulangi dengan membutuhkan seseorang atau badan hukum yang bersedia menerima untuk dialihkannya risiko yang dihadapi oleh seseorang. Saat ini bentuk upaya pengalihan risiko yang banyak digunakan oleh manusia adalah melimpahkan risiko terssebut kepada perusahaan asuransi. Untuk itulah penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis yaitu pendekatan terhadap masalah melalui penelitian hukum dengan melihat norma hukum dan mengkaji peraturan perundang-undangan yang berlaku berkenaan dengan masalah yang dibahas dihubungkan dengan kenyataan yang ditemui di lapangan.Hasil penelitian ini adalah proses penyelesaian klaim asuransi yang dilakukan terhadap Toko Saiyo adalah dapat dimulai dengan adanya pemberitahuan telah terjadinya peristiwa kebakaran, penyampaian laporan kerugian dengan dilengkapi dokumen pendukung klaim. Selanjutnya dilakukan penelitian polis, dan sudah bisa dilakukan survey sebagai tindak lanjut di lapangan. Setelah semua proses administrasi terselesaikan, maka PT. Asuransi Sinar Mas berkewajiban untuk segera melakukan pembayaran klaim. Dalam pelaksanaan pembayaran klaim ini juga masih ditemukan kendala-kendala, namun tetap dilakukan upaya-upaya semaksimal mungkin agar pembayaran klaim dapat terlaksana dengan baik, sehingga adanya pemenuhan hak dan kewajiban dari masing-masing pihak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Rembrandt, S.H, M.Pd ; Wetria Fauzi, S.H, M.H |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
Depositing User: | TID Rafiqatul Fikri |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 03:19 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 03:19 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/498952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |