Representasi Ferempuan Dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotika: Tklan "Top One Oil Matic)

Zulkifli, Deni (2013) Representasi Ferempuan Dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotika: Tklan "Top One Oil Matic). S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK ILMU KOMUNIKASI 2013 DENI ZULKIFLI 0810862045.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang representasi perempuan dalam iklan televisi. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode semiotika oleh Roland Barthes yang menitikberatkan pada pemaknaan tanda melalui unsur denotasi dan konotasi. Sementara itu untuk menganalisa hasil pemaknaan iklan terhadap representasi perempuan digunakan teori psikoanalisa. Penelitian ini menggunakan perspektif psikoanalisa yang memandang perempuan berada dalam tatanan simbolik, Tatanan simboHk membantu untuk menganalisa patriarki dan berusaha menemukan bagaimana perempuan di representasikan dalam iklan televisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan dalam iklan ini di representasikan menjadi objek sentral untuk mengidentlfikasi tatanan simbolik dan patriarki dalam adegan iklan, keberadaan perempuan mampu menegaskan bahwa tatanan simbollik dan patriarki membutuhkan pengakuan dari perempuan.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr.Asmawi, M.si.,; Yayuk Lestari, M.A
Uncontrolled Keywords: Representasi perempuan, Psikoanalisa, Patriarki, Tatanan simbolik
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan Marne Dardanellen
Date Deposited: 19 Jun 2025 03:13
Last Modified: 19 Jun 2025 03:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/498941

Actions (login required)

View Item View Item