Pengaruh Corporate Governnace Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan dan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017)

Melany, Oknanda Syofyan (2019) Pengaruh Corporate Governnace Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan dan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Governance terhadap nilai perusahaan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan dengan menggunakan metode Tobin’s Q. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah ukuran dewan komisaris, frekuensi rapat dewan komisaris, kepemilikan manajerial dan komite audit. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah perusahaan perbankan dan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017.Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 33 sampel untuk perusahaan perbankan dan 87 sampel untuk perusahaan manufaktur. Data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari laporan tahunan. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengujian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis regresi pada perusahaan perbankan menunjukkan bahwa ukuran dewan komisaris, kepemilikan manajerial dan komite audit berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, tetapi frekuensi rapat dewan komisaris tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Sementara, hasil analisis regresi pada perusahaan manufaktur menunjukan bahwa ukuran dewan komisaris dan frekuensi rapat dewan komisaris berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, akan tetapi kepemilikan manajerial dan komite audit tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci : board of commissioner, frequency of commissioner meeting,managerial ownership, audit committee, firm value.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rita Rahayu, S.E., M.Si, Ak, C.A
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 11 Oct 2019 14:24
Last Modified: 11 Oct 2019 14:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49866

Actions (login required)

View Item View Item