Dahlia, Limarnis (2025) Pemodelan dan Simulasi Kendali Arus dan Tegangan Menggunakan Kontroller PID pada Metode Pengisian CCCV Baterai Lithium-Ion. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (113kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (112kB) |
![]() |
Text (Bab Akhir)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (38kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (155kB) |
![]() |
Text (Tugas Akhir Full Text)
TUGAS AKHIR DAHLIA LIMARNIS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Baterai merupakan komponen vital dalam kendaraan listrik, di mana efisiensi dan kestabilan proses pengisian sangat menentukan performa sistem secara keseluruhan. Salah satu jenis baterai yang umum digunakan adalah lithium-ion karena memiliki kepadatan energi tinggi dan kemampuan isi ulang yang baik. Dalam upaya mempercepat proses pengisian, digunakan metode fast charging dengan algoritma Constant Current–Constant Voltage (CCCV). Algoritma ini melibatkan dua mode pengendalian, yaitu mode arus konstan dan tegangan konstan yang dikendalikan melalui konverter buck. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan dan menyimulasikan sistem kendali arus dan tegangan pada proses pengisian cepat baterai lithium-ion menggunakan metode kontrol Proportional-Integral-Derivative (PID). Penyetelan parameter PID dilakukan secara manual melalui pendekatan trial and error hingga diperoleh performa optimal. Hasil simulasi menunjukkan bahwa sistem mampu mengikuti referensi dengan nilai overshoot maksimal sebesar 1%, rise time tercepat 0,00042 s, settling time 0,00058 s, serta error steady state sebesar 0%. Selain itu, sinyal PWM yang dihasilkan terbukti sesuai dengan sinyal referensi PID, yang menandakan bahwa sistem kendali mampu mengatur arus dan tegangan secara akurat dan responif selama proses pengisian baterai. Kata-kunci: Baterai, CCCV, kontrol tegangan, kontrol arus, PID, error steady state, overshoot.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | S1 Teknik Elektro |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 02:30 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 02:30 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/498149 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |