Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Terhadap Customer Behavioral Intention di Puskesmas Sitiung 1 Kabupaten Dharmasraya

Nurcahyani P, Ayu Intan (2025) Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Terhadap Customer Behavioral Intention di Puskesmas Sitiung 1 Kabupaten Dharmasraya. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (725kB)
[img] Text (bab I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (bab akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (839kB)
[img] Text (dapus)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (skripsi fulltext)
soft skripsi ayu intan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Penduduk Indonesia yang mengeluhkan masalah gigi dan mulut sebanyak 56,9 %, sementara hanya 11,2% penduduk yang berobat ke tenaga kesehatan untuk memperoleh perawatan. Jumlah kunjungan pasien yang rendah sangat mempengaruhi kunjungan ulang pasien ke fasilitas kesehatan yang dipengaruhi oleh penilaian kualitas pelayanan. Kekecewaan dan persepsi buruk mengenai fasilitas kesehatan terhadap ketidakmampuan memberikan pelayanan yang berkualitas menyebabkan rendahnya jumlah kunjungan pasien ke fasilitas pelayanan kesehatan. Tujuan: Mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap customer behavioral intention di Puskesmas Sitiung 1 Kabupaten Dharmasraya. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian observasi analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel penelitian ini sebayak 74 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling yang sesuai dengan kriteria inklusi penelitian. Analisis statistik penelitian dengan menggunakan uji Chi-Square untuk dapat mengetahui hubungan dimensi kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap customer behavioral intention. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keandalan (p=0,006), daya tanggap (p=0,013), jaminan (p=0,023) dan empati (p=0,006) namun bukti fisik (p=0,693) tidak ada hubungan yang signifikan terhadap customer behavioral intention di Puskesmas Sitiung 1 Kabupaten Dharmasraya. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut berdasarkan keempat dimensi kualitas pelayanan namun kualitas pelayanan pada dimensi bukti fisik tidak ada hubungan terhadap customer behavioral intention di Puskesmas Sitiung 1 Kabupaten Dharmasraya.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr.drg. Febrian, MKM; drg. Desy Purnama Sari, MDSc
Uncontrolled Keywords: Behavioral intention; Kualitas pelayanan; Pelayanan kesehatan gigi dan mulut
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > S1 Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 16 Jun 2025 10:02
Last Modified: 16 Jun 2025 10:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/497194

Actions (login required)

View Item View Item