Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Pencantuman Klausula Eksonerasi Dalam Perjanjian Jasa Pengiriman Barang (Studi Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Padang)

Meutia, Sastra (2013) Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Pencantuman Klausula Eksonerasi Dalam Perjanjian Jasa Pengiriman Barang (Studi Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Padang). S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Full Text)
S1 Hukum 2013 Meutia Sastra 081011045.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PT. Pos Indonesia (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang jasa pengiriman selama ini memiliki peran yang sangat panting ditengah-tengah masyarakat. Sebagai satu-satunya penyelenggaraan industri pengiriman yang dikelola oleh pemerintah, PT. Pos Indonesia mempunyai tanggung jawab yang besar untuk dapat bersaing dengan competitor swasta lainnya yang kuat. PT. Pos Indonesia (Persero) merupakan organisasi yang besar dan sangat berpengalaman dalam pelayanan lalu lintas berita, uang, dan barang di Indonesia. Mengingat PT. Pos Indonesia (Persero) bergerak dibidang jasa, maka faktor yang diperhatikan adalah kepuasaan dan kepercayaan pelanggan, dimana mereka menggunakan jasa pos karena mereka percaya bahwa barang atau kiriman yang mereka kirim melalui jasa pos akan sampai dengan selamat ditempat tujuan. Transaksi barang maupun jasa dapat dilakukan PT. Pos Indonesia secara massal untuk memenuhi kepentingan masyarakat yang menghendaki efisiensi biaya, waktu maupun tenaga. Agar efisiensi biaya, waktu, dan tenaga dapat berjalan kepada masyarakat luas terhadap jasa pengiriman barang, PT. Pos Indonesia menetapkan ketentuan dan syarat pengiriman sendiri dalam standar baku. Adapun perumusan masalah didalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk klausula eksonerasi dalam bukti pengiriman oleh PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Padang dan bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen yang mengalami kerugian akibat pencantuman klausula eksonerasi pada bukti pengiriman oleh PT.Pos Indonesia (Persero) Cabang Padang. Metode pendekatan yang dilakukan terhadap penelitian ini adalah bersifat yuridis empiris, yaitu berupa pendekatan terhadap masalah penelitian hukum dengan melihat norma hukum yang berlaku dan dihubungkan dengan kenyataan atau fakta yang ada terhadap permasalahan jasa pengiriman barang. Diharapkan PT. Pos Indonesia (Persero) agar dapat memberikan pelayanan yang seharusnya didapatkan oleh konsumen. Dan juga melakukan sosialisasi terhadap hak-hak atau perlindungan yang diberikan pada konsumen sehingga konsumen dapat mengetahui dengan jelas apa hak mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Misnarsyam, S.H.M.H ; Yussy Adelina Mannas, S.H.M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Hukum
Depositing User: TID Rafiqatul Fikri
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:37
Last Modified: 12 Jun 2025 02:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/496426

Actions (login required)

View Item View Item