Penentuan Indikator Kualitas Pelayanan Jasa Laundry (Studi Kasus Jasa Laundry Daerah Pasar Baru dan Sekitarnya)

ZULFIKAR, ZULFIKAR (2013) Penentuan Indikator Kualitas Pelayanan Jasa Laundry (Studi Kasus Jasa Laundry Daerah Pasar Baru dan Sekitarnya). S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Full Text)
S1 Teknik Industri 2013 Zulfikar 06173005.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Salah satu jasa yang sedang berkembang dewasa ini adalah jasa laundry. Daerah Pasar Baru (Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat) memiliki potensi yang besar bagi usaha ini, disebabkan oleh banyaknya jumlah mahasiswa Universitas Andalas (UNAND) yang berdomisili di daerah tersebut. Jasa mempunyai sifat khas dan memiliki interaksi yang tinggi dengan pelanggan. Sifat khas maksudnya adalah adanya ketidaksamaan keinginan satu pelanggan dengan pelanggan lainnya. Menurut Don Peppers dan Martha Rogers (Kotler, 2012) kesuksesan suatu usaha dilakukan dengan mendapatkan. menjaga dan meningkatkan jumlah pelanggan. Tanpa pelanggan perusahaan tidak akan ada. Oleh karena itu, guna memenangkan persaingan dan menjaga kelangsungan usaha di bidang jasa maka cara yang bisa ditempuh adalah dengan menjaga Kualitas jasa agar tetap sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Kualitas mungkin berada dalam pandangan pelanggan, tetapi untuk menciptakan sebuah produk, perusahaan harus menetapkan apa yang diharapkan oleh pelanggan (Heyzer, 2006). Parasuraman (1988) mengelompokkan dimensi kualitas Jasa ke dalam lima dimensi, yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Lima dimensi ini dijadikan pedoman tentang apa yang diharapkan oleh pelanggan terhadap suatu jasa. Masing-masing dimensi membentuk indikator-indikator pengukuran kualitas pelayanan jasa laundry. Namun indikator-indikator ini perlu dikonfirmasi kepada Pelanggan, apakah pelanggan menilai indikator-indikator tersebut benar-benar mewakili kualitas pelayanan jasa laundry. Selain itu, dalam penelitian ini juga ditentukan dimensi kualitas pelayanan yang dominan dalam mempengaruhi kualitas jasa laundry. Alat yang digunakan dalam mengonfirmasi pendapat pelanggan yang digunakan adalah Analisis Faktor Konfirmatori (Confirmatory Factor Analysis). Hasil Analisis Faktor Konfirmatori menunjukkan bahwa semua indikator kualitas pelayanan jasa laundry yang dibentuk diterima oleh pelanggan sebagai alat ukur.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: LUSl SUSANTl. Dr. Eng ; YUMl MEUTHIA. MT
Uncontrolled Keywords: jasa, kualitas, pelanggan, laundry, indikator
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: TID Rafiqatul Fikri
Date Deposited: 25 Apr 2025 08:12
Last Modified: 25 Apr 2025 08:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/494645

Actions (login required)

View Item View Item