Pradezi, Mela Orlanda (2013) Evaluasi Implementasi Program Pemberian Tunjangan Profesi pada Garu yang Disertifikasi di SMA Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Skripsi Full Teks)
ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK ILMU ADMINISTRASI NEGARA 2014 META ORLANDA PRADEZI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Meta Orlanda Pradezi, 0810842029, Evaluasi Implementasi Program Pemberian Tunjangan Profesi pada Guru yang Disertifikasi di SMA Kota Padang. Program Studi Ilmu Adiministrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2013. Dibimbing oleh : Roni Ekha Putera, S.IP, M.PA dan Roza Liesmana, S.1P, M.Si. Skripsi ini terdiri dari 116 halaman dengan referensi 1 buku teori, 11 buku metode, 3 skripsi, 10 Peraturan Perundang-undangan dan dokumen pemerintah, dan 3 website internet. Penelitian Evaluasi Implementasi Program Pemberian Tunjangan pada Guru yang Disertifikasi di SMA Kota Padang bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pemberian tunjangan profesi berdasarkan beban kerja guru SMA di Kota Padang. Penelitian ini dilatarbelakanigi oleh banyaknya guru-guru SMA yang telah disertifikasi tidak mencukupi beban keija 24 jam, dan temuan bahwa ada beberapa kasus guru yang telah memenuhi beban kerja 24 jam tidak menerima tunjangan, sedangkan guru yang tidak memenuhi beban keija malah menerima tunjangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan model implementasi Ripley dan Franklin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Sementara itu, teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini adalah bahwa implementasi program pemberian tunjangan profesi pada guru SMA yang disertifikasi di Kota Padang beijalan kurang efektif dan tidak transparan. Hal ini terlihat dengan adanya implementor kurang mematuhi juklak dan juknis yang berlaku. Implementor juga dinilai kurang mensosialisasikan program sehingga banyak bermunculan ambiguitas dalam pelaksanaannya. Selain itu juga ditemukan adanya dua kebijakan yang saling tumpang tindih yang menjadi potensi timbulnya permasalahan terkait program tersebut. Saran terhadap Evaluasi Implementasi Program Pemberian Tunjangan Profesi pada Guru yang Disertifikasi di SMA Kota Padang, diantaranya, perlu dilakukan proses pengawasan terhadap kineija implementor, dan sosialisasi mengenai regulasi peraturan, baik pada implementor sendiri maupun kepada guru sebagai target group. Selain itu ada baiknya implementor menganalisis isi dari masing-masing kebijakan sebelum diimplementasikan untuk meminimalisir terjadinya kebijakan yang saling tumpang tindih.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Roni Ekha Putera, S.IP., M.PA.,; Roza Liesmana, S.IP., M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Tunjangan Profesi, Sertiflkasi Guru, Dinas Pcndidikan Kota Padang |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Pustakawan Marne Dardanellen |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 08:20 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 08:20 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/494536 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |