Muhammad, David Ewaldo (2025) ANALISIS SPASIAL DETERMINAN KECELAKAAN LALU LINTAS PENGENDARA SEPEDA MOTOR DI KOTA PADANG TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version Download (12MB) |
![]() |
Text (Pendahuluan)
Pendahuluan_compressed.pdf - Published Version Download (391kB) |
![]() |
Text (Penutup)
Penutup.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Dafpus.pdf - Published Version Download (372kB) |
![]() |
Text (Skripsi (Full Text))
Muhammad David Ewaldo_ Full Text skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Kota Padang merupakan daerah dengan angka kecelakaan lalu lintas yang tinggi, tercatat sebanyak 998 kasus kecelakaan yang disebabkan oleh faktor manusia, lingkungan, dan kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis distribusi spasial kecelakaan lalu lintas pengendara sepeda motor dan mengidentifikasi faktor-faktor determinan yang memengaruhinya di Kota Padang tahun 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan model Australian Transport Safety Bureau (ATSB) dan menggunakan data sekunder. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Stratified Random Sampling. Analisis data dilakukan secara deskriptif, analisis akar masalah, dan analisis spasial. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar pengendara yang terlibat kecelakaan adalah laki-laki (75,2%) berusia 17–25 tahun (34,9%), dan berprofesi sebagai pekerja formal (48,5%). Faktor utama penyebab kecelakaan adalah kondisi fisik pengendara yang lengah (83,3%), perilaku berkendara yang tidak terampil (30,2%), serta kerusakan kendaraan terutama pada rem (41,1%). Kecamatan Koto Tangah tercatat sebagai wilayah dengan tingkat kerawanan kecelakaan tertinggi. Disimpulkan bahwa kondisi fisik pengendara, perilaku berkendara, dan kondisi kendaraan merupakan faktor utama yang memengaruhi kecelakaan lalu lintas. Dinas terkait disarankan untuk memasang rambu peringatan di lokasi rawan kecelakaan, meningkatkan sosialisasi keselamatan berkendara, serta melakukan pemeriksaan kendaraan secara rutin.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Randy Novirsa, SKM, MKM, PhD |
Uncontrolled Keywords: | Kecelakaan Lalu Lintas, Sepeda Motor, Analisis Spasial. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 09:24 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 09:24 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/494434 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |