Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Operasional Layanan Third-Party Logistics (3PL) Menggunakan Metode Agile Scrum Pada PT XY Jakarta Timur

Saida, Nadia Nur (2025) Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Operasional Layanan Third-Party Logistics (3PL) Menggunakan Metode Agile Scrum Pada PT XY Jakarta Timur. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Tugas Akhir)
Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (238MB)

Abstract

Indonesia telah memasuki era Revolusi Industri 4.0, di mana pemanfaatan teknologi digital menjadi elemen penting dalam mendorong efisiensi berbagai sektor, termasuk industri logistik. PT XY, sebagai perusahaan penyedia layanan logistik end-to-end berbasis teknologi, menghadapi tantangan dalam penyelenggaraan layanan Third-Party Logistics (3PL) akibat ketidakefisienan sistem bidding(tawar-menawar) yang digunakan serta kompleksitas proses bisnis yang membebani pelanggan. Proses ini mengakibatkan adanya keterlambatan, ketidakefisienan, serta kesalahan dalam penginputan data. Untuk menjawab tantangan tersebut, dapat diusulkan sebuah solusi yaitu pengembangan sistem informasi manajemen operasional layanan third-party logistics (3PL) yang digunakan oleh transporter dalam cakupan proyek 3PL dengan proses yang lebih sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi manajemen operasional layanan 3PL yang digunakan oleh transporter guna mendukung proses manajemen lokasi, driver, kendaraan, dan pengiriman milik transporter. Adapun metode pengembangan yang digunakan adalah metode pengembangan Agile Scrum, yang menekankan pengembangan bertahap (iteratif) dan partisipatif dengan melewati berbagai tahapan, mulai dari tahap sprint backlog, sprint planning, daily scrum, sprint review, dan sprint retrospective. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dibangun mampu terintegrasi dengan platform utama seperti Order Management System (OMS) dan Driver Apps, serta mendukung transparansi, koordinasi, dan efektivitas pengelolaan operasional layanan 3PL di PT XY.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > S1 Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 15 Apr 2025 08:52
Last Modified: 15 Apr 2025 08:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/492947

Actions (login required)

View Item View Item