Herwina, Fahira (2025) Komunikasi Pemasaran Jiwani Coffee Dalam Upaya Membangun Customer Engagement Pada Konsumen di Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
UPLOAD - COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version Download (403kB) |
![]() |
Text (Bab I)
UPLOAD - BAB 1.pdf - Published Version Download (240kB) |
![]() |
Text (Bab 5 Penutup)
UPLOAD - BAB 5.pdf - Published Version Download (175kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
UPLOAD - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (209kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
UPLOAD - FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tingginya angka pertumbuhan bisnis F&B (Food and Beverage) di Kota Padang saat ini dapat dilihat dengan banyaknya kemunculan usaha bisnis yang serupa. Hal ini mengakibatkan tingginya persaingan yang terjadi antar sesama pelaku usaha yang bergerak di bidang yang sama. Jiwani Coffee sebagai salah satu bisnis F&B (Food and Beverage) di Kota Padang menerapkan komunikasi pemasaran sebagai upaya untuk menarik dan mempertahankan pelanggan ditengah tingginya persaingan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Jiwani Coffee dalam upaya membangun customer engagement serta mengetahui tahapan terbentuknya customer engagement di Jiwani Coffee. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan paradigma post-positivisme. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yang berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Push and Pull Marketing Strategy dengan hipotesis kerja. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Jiwani Coffee yaitu menggunakan kemasan dengan desain yang simple, memilih lokasi yang strategis, memberikan pelatihan service excellent kepada pegawai, mengutamakan promosi melalui word of mouth, menggunakan bahan premium dalam memproduksi produk, dan memberikan harga jual yang sesuai dengan kualitas produk. Berbagai elemen tersebut menjadi faktor pendukung terbentuknya customer engagement. Sedangkan tahapan terbentuknya customer engagement di Jiwani Coffee yaitu dimulai dari pelanggan mengetahui Jiwani Coffee dari rekomendasi teman dan keluarga, lalu pelanggan memiliki ketertarikan dengan produk dan ambience dari Jiwani Coffee, selanjutnya pelanggan antusias dengan menu baru dan memutuskan untuk mencoba produk. Terakhir, pelanggan akan melakukan pembelian berulang dan memberikan rekomendasi kepada orang-orang disekitarnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si; Ilham Havifi, M.I.Kom; |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran; Push and Pull Marketing Strategy; Jiwani Coffee; dan Customer Engagement |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 04:47 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 04:47 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/492880 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |