Putri Lovita, Hendri (2025) PENERAPAN ASAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PELAYANAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT DR. M. DJAMIL PADANG. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (236kB) |
![]() |
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version Download (278kB) |
![]() |
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version Download (47kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (190kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pelayanan publik merupakan komponen yang sangat penting dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat salah satunya adalah pelayanan dibidang kesehatan dengan pedoman Undang-Undang 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dalam praktiknya masih saja ditemukan ketidaksesuaian dalam memberikan pelayanan kesehatan yang tidak menganut asas-asas pelayanan publik dalam melayani pasien, seperti halnya dalam penerapan asas pelayanan publik di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. M. Djamil Padang. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penerapan asas pelayanan publik dalam pelayanan pasien di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. M. Djamil Padang? 2. Bagaimana kendala dalam penerapan asas pelayanan publik dalam pelayanan pasien di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. M. Djamil Padang? Jenis penelitian yang digunakan yuridis empiris, dengan teknis pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen. Data tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Penerapan asas pelayanan publik dalam pelayanan pasien di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. M. Djamil Padang belum optimal dalam menerapkan asas-asas pelayanan publik seperti pada asas keprofesionalan, asas ketepatan waktu, asas kepastian hukum, dan asas kesamaan hak dan perlakuan tidak diskriminatif. 2. Kendala dalam penerapan asas pelayanan publik dalam pelayanan pasien di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. M. Djamil Padang: a) Kurangnya literasi pasien mengenai prosedur dan alur pelayanan, b) Ketidaksabaran pasien dalam proses antrean, c) Tingginya jumlah pasien yang datang dan dirujuk ke RSUP Dr. M. Djamil Padang, d) Kurangnya fasilitas yang memadai di ruang tunggu, e) Kurangnya pemahaman dan kesadaran petugas, f) Kesenjangan antara regulasi dan implementasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asas Pelayanan Publik, Rumah Sakit, Maladministrasi. |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 07:54 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 07:54 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/492384 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |