Hanumizikra, Hanumizikra (2025) Analisis Umur Ekonomis Kendaraan Berdasarkan Biaya Tahunan Rata-Rata Minimum Pada Trans Padang. S2 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (651kB) |
![]() |
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (486kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (809kB) |
![]() |
Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Kota Padang menjadi salah satu contoh wilayah yang merasakan dinamika perkembangan angkutan umum penumpang. Pada tahun 2014, Trans Padang hadir sebagai pilihan lain angkutan umum penumpang bagi masyarakat Kota Padang dengan tujuan menjadi angkutan yang efisien dan terjangkau bagi masyarakat. Armada yang telah beroperasi melewati masa manfaatnya dapat mengakibatkan biaya operasional kendaraan terus meningkat hingga dapat melampaui pendapatan yang diperoleh, seiring dengan menurunnya performa dari armada tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis umur ekonomis kendaraan Trans Padang Koridor I, V dan VI berdasarkan biaya tahunan rata-rata minimum, sehingga dapat menjadi landasan dalam melakukan analisis penggantian untuk memutuskan kapan sebaiknya penggantian kendaraan dilakukan. Biaya operasional kendaraan dihitung dengan metode Departemen Perhubungan Tahun 2002. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh rata-rata biaya operasional kendaraan dengan urutan paling tinggi berada pada Koridor VI dengan merk bus Isuzu senilai Rp 7.419,02/bus-km, armada Koridor V dengan merk bus Isuzu senilai Rp 6.728,86/bus-km, armada Koridor I dengan merk bus Hino senilai Rp 6.351,69/bus-km dan paling rendah berada pada Koridor I dengan merk bus Mitsubishi senilai Rp 6.309,85/bus-km. Rata-rata biaya operasional kendaraan pada Koridor VI menjadi yang paling tinggi disebabkan oleh pembiayaan ban yang lebih besar karena kilometer daya tahan ban yang lebih kecil diantara koridor lainnya. Berdasarkan biaya tahunan rata-rata minimum pada armada Koridor I merk Hino (tahun perolehan 2014) dan merk Mitsubishi (tahun perolehan 2016), armada Koridor V dan Koridor VI yang sama-sama menggunakan bus merk Isuzu (tahun perolehan 2022), diperoleh umur ekonomis selama 8 tahun untuk armada pada ketiga koridor Trans Padang. Umur ekonomis yang telah diperoleh dapat dijadikan landasan dalam analisis penggantian armada dan menentukan waktu penggantian armada Koridor I, V, dan VI.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Supervisors: | Yossyafra, S. T., M. Eng. Sc., Ph. D.; Ir. Bayu Martanto Adji, S. T., M. T., Ph. D. |
Uncontrolled Keywords: | umur ekonomis; biaya operasional kendaraan; biaya tahunan rata-rata |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S2 Teknik Sipil |
Depositing User: | s2 teknik sipil |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 08:11 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 08:11 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/491677 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |