Yulandi, Wiki (2024) Kajian Manajemen Pemeliharaan Jalan Berdasarkan Korelasi Nilai Kerusakan Jalan Terhadap Nilai Roughness Jalan Berbasis Roadlab Pro. (Studi Kasus Jalan Pondok-Pulau Sangkar Kabupaten Kerinci). S2 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
1cover_ABSTRAK_wiki yulandi 2220922023.pdf - Published Version Download (728kB) |
![]() |
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (204kB) |
![]() |
Text (Bab 5)
bab 5.pdf - Published Version Download (115kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (182kB) |
![]() |
Text (Tesis Full Text)
TESIS_WIKI YULANDI_2220922023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Jalan merupakan akses penting bagi transportasi darat untuk memudahkan mobilisasi setiap orang dengan pemerintah menjadi satu-satunya pihak yang bertanggung jawab sebagai penyedia dan pengelola. Pemeliharaan jalan penting dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Survei diperlukan untuk mengetahui kondisi jalan lintas. Manajemen pemeliharaan jalan beserta anggaran biaya berdasarkan hasil korelasi antara nilai metode IRI (International Roughness Index) berbasis Softwere Roadlab Pro terhadap nilai kerusakan permukaan jalan dengan metode PCI (Pavement Condition Index) dan Bina Marga dapat dilakukan untuk tujuan mempermudah proses survei dalam mengevaluasi kondisi jalan dan cara penanganan kerusakan yang tepat pada ruas Jalan Pondok-pulau sangkar di kabupaten kerinci. Nilai IRI berdasarkan Roadlab Pro dapat digunakan untuk menilai kondisi ruas jalan berdasarkan metode PCI karena mempunyai nilai yang saling mempengaruhi satu sama lain berdasarkan hasil analisis regresi korelasi dengan nilai koefisien 88,7%. Penetapan anggaran pemeliharaan jalan dibuat berdasarkan 3 usulan skenario yang meliputi Pemeliharaan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan atau saat terjadi kerusakan, Pemeliharaan dilaksanakan setiap tahun dengan pembagian dan pemeliharaan merata, pemeliharaan peningkatan pada tahun pertama, pemeliharaan rutin pada tahun kedua, dan perbaikan pada tahun ketiga sampai kelima.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Ir. Elsa Eka Putri, S.T., M.Sc(Eng.), Ph.D.; Ir. Purnawan, M.T., Ph.D. |
Uncontrolled Keywords: | Anggaran; IRI;, PCI; Roadlab-pro; Rouhgness; Bina marga |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Fakultas Teknik > S2 Teknik Sipil |
Depositing User: | s2 teknik sipil |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 06:16 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 06:16 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/490632 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |