Lidyana, Sari (2019) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Uang Elekronik dalam Melakukan Transaksi Ditinjau Dari Peraturan Bank Indonesia Nomor 16/8/PBI/2014 tentang Uang Elektronik. Other thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Abstract)
cover-dikonversi.pdf - Published Version Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I-dikonversi (1).pdf - Published Version Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV-dikonversi (1).pdf - Published Version Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi (1).pdf - Published Version Download (68kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
LEMBARAN PENGESAHAN upload dome.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (914kB) |
Abstract
Perlindungan konsumen merupakan segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk membeeri perlindungan kepada konsumen.Seiring dengan perkembangan zaman, pada saat sekarang ini uang merupakan suatu barang yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk mendukung kehidupannya.Uang berkembang dengan sangat pesat, dimana dahulunya hanya terdapat dua jenis uang, taitu uang giral dan kartal, namun saat ini uang sudah berkembang menjadi uang yang berbasis edia elektronik atau biasa disebut dengan uang elektronik.Uang elektronik ini disimpan dalam sebuath server atau chip.Undang-undang Perbankan mewajibkan bahwa simpanan wajib disimpan dalam Lembaga Penjamin Simpanan(LPS), namun tidak hal nya dengan uang elektronik.Uang elektronik tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan karena memiliki nominal yang relative kecil.Permasalahan yang dibahas yaitu mengenai bagaimana bentuk pengawasan yang dilakukan oleh Bank Indonesia dan bagaimana perlindungan hukum atas transaksi uang elektronik yang dilakuakkan konsumen dalam transaksi elektronik.Metode penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian hukum yuridis sosiologis, yaitu suatu penelitian yang digunakan terhadap keadaan nyata masyarakat atau lingkungan masyarakat dengan maksud dan tujuan untuk menemukan fakta di masyarakat (fact-finding), yang kemudian menuju pada identifikasi (problem-identification) dan pada akhirnya menuju kepada penyelesaian masalah (problem solution). Penelitian ini bersifat deskriptif analisa.Hasil penelitian penulis adalah pengawasan yang dilakukan oleh Bank Indonesia dalah pengawasan langsung dan pengawasan tidak langsung.Sedangkan perlindungan hukumnya adalah perlindungan secara preventif dan represif, selain itu telah dibentuk divisi perlindungan konsumen oleh Bank Indonesia. Kata Kunci :PerlindungannHukum, e-money, Pengawasan Bank Indonesia.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Wetria Fauzi, S.H.,M.H. |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 29 Jul 2019 10:41 |
Last Modified: | 29 Jul 2019 10:41 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48915 |
Actions (login required)
View Item |