Farras, Chantika (2025) PERTANGGUNGJAWABAN PENGANGKUT TERHADAP PENERIMA IKAN SEGAR DALAM PERJANJIAN PENGANGKUTAN (Studi Kasus pada CV. Cepat Tepat di Kota Payakumbuh). S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (385kB) |
![]() |
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version Download (321kB) |
![]() |
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version Download (239kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (323kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan ekonomi nasional tidak terlepas dari globalisasi dan perdagangan yang didukung oleh kemajuan teknologi pada bidang transaksi barang dan jasa melewati batasan wilayah tertentu. Faktor pendukung kemajuan ekonomi nasional adalah transportasi yang berperan dalam mempercepat distribusi barang dan jasa. Di Indonesia sudah banyak terdapat perusahaan transportasi jasa angkutan yang dilakukan guna efisiansi waktu salah satunya CV. Cepat Tepat Payakumbuh yang dalam prosesnya tidak dapat dipungkiri akan adanya kesalahan dalam pengiriman barang seperti barang yang dikirim rusak sebagian, barang yang dikirim hilang dan terjadinya keterlambatan terhadap barang kiriman yang dipastikan akan timbulnya kerugian yang diderita pengguna jasa sehingga dalam hal ini mengkaji terkait tanggung jawab perusahaan jasa angkutan terhadap kerugian yang diderita pengguna jasa dalam pengiriman dengan studi kasus CV. Cepat Tepat Payakumbuh. Sehingga penulis menarik rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu:1. Apakah bentuk wanprestasi yang dilakukan oleh CV. Cepat Tepat Payakumbuh sehingga terjadi kerugian yang dialami penerima barang? 2. Bagaimana upaya yang dilakukan oleh penerima barang terhadap wanprestasi yang dideritanya? 3. Bagaimana pelaksanaan tanggung Jawab CV. Cepat Tepat Payakumbuh bila terjadi wanprestasi dalam perjanjian pengangkutan ikan segar tersebut? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analisis dan pendekatan yuridis empiris. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk wanprestasi yang dilakukan CV. Cepat Tepat Payakumbuh adalah keterlambatan, kerusakan dan kematian pada pengiriman ikan, yang kemudian dilakukan upaya oleh penerima barang untuk meminta ganti kerugian dengan pilihan non litigasi dan menempuh jalur diluar pengadilan, selanjutnya bentuk tanggung jawab CV. Cepat Tepat Payakumbuh yaitu dengan mengganti sebagian maupun seluruh kerugian, selain itu penerima barang berupaya untuk meminta informasi yang jelas terhadap kerugian yang dideritanya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 02:52 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 02:52 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/489140 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |