Campur Kode dalam Channel Youtube Nihongo Mantappu Kajian Sosiolinguistik

Kamila, Fakhrunnisa (2025) Campur Kode dalam Channel Youtube Nihongo Mantappu Kajian Sosiolinguistik. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
Cover n Abstrack.pdf - Published Version

Download (834kB)
[img] Text
Bab I.pdf - Published Version

Download (906kB)
[img] Text
BAB IV Penutup.pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji campur kode yang terdapat dalam channel YouTube Nihongo Mantappu. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis campur kode serta faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya campur kode tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan metode simak melalui teknik Simak Bebas Libat Cakap. Analisis data dilakukan menggunakan metode agih dengan teknik Bagi Unsur Langsung. Data penelitian diambil dari video di channel YouTube Nihongo Mantappu berjudul “Orang Jepang Coba Jajanan Pasar & Kue Tradisional! Ada Insiden | Wasedaboys Vlog.” Sebagai kerangka analisis, penelitian ini merujuk pada teori Suwito (1983) untuk memahami bentuk dan penyebab campur kode dalam video. Hasil penelitian disajikan secara informal dan menunjukkan bahwa jenis campur kode yang ditemukan meliputi kata, frasa, pengulangan kata, dan klausa. Faktor-faktor yang memicu terjadinya campur kode meliputi identifikasi peran, identifikasi ragam, serta keinginan untuk memberikan penjelasan lebih jelas.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Rahtu Nila Sepni, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: sosiolinguistik, campur kode, bilingualisme, nihongo mantappu
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Sastra Jepang
Depositing User: s1 sastra jepang
Date Deposited: 24 Feb 2025 08:50
Last Modified: 24 Feb 2025 08:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/488782

Actions (login required)

View Item View Item