Syaiful, Chofifah Putri Isnania (2025) Kajian Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Rawat Jalan Semen Padang Hospital. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 14 February 2026. Download (167kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 14 February 2026. Download (89kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 14 February 2026. Download (63kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 14 February 2026. Download (188kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text_Chofifah Putri Isnania Syaiful.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 14 February 2026. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kepuasan pasien mencerminkan kualitas pelayanan kefarmasian melalui interaksi antara petugas dan pasien. Kepuasan ini menjadi indikator penting dalam menilai mutu pelayanan. Tuntutan masyarakat terhadap mutu pelayanan kefarmasian mendorong perubahan dari pelayanan drug oriented menjadi patient oriented. Perubahan ini mengharuskan petugas kefarmasian meningkatkan kualitas pelayanan agar kebutuhan dan kepuasan pasien terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Rawat Jalan Semen Padang Hospital dan hubungannya dengan karakteristik sosiodemografi (jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, dan tipe pembayaran) pasien. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif non eksperimental dengan pendekatan cross sectional menggunakan instrumen kuesioner Larson dengan pengambilan data menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini 391 pasien yang berobat ke poliklinik dan menebus obat di Apotek Rawat Jalan Semen Padang Hospital sesuai dengan kriteria inklusi. Uji Chi-square digunakan untuk mengetahui hubungan antara jenis kelamin, pekerjaan, dan tipe pembayaran dengan tingkat kepuasan pasien. Uji Spearman digunakan untuk mengetahui hubungan antara usia dan pendidikan dengan tingkat kepuasan pasien Hasil penelitian menunjukkan pasien terbanyak berdasarkan karakteristik sosiodemografi yaitu perempuan (67,3%), kelompok dewasa (81,1%), pendidikan terakhir SMA (37,1%), status pekerjaan tidak bekerja (65,7%), dan tipe pembayaran BPJS (82,1%). Secara umum tingkat kepuasan adalah puas dengan rata-rata kepuasan sebesar 3,87. Pada dimensi Friendly explanation sebesar 3,95 dan dimensi Managing therapy sebesar 3,77. Terdapat hubungan antara pendidikan dan tipe pembayaran dengan kepuasan pasien (p<0,05) dan tidak terdapat hubungan antara jenis kelamin, umur, dan pekerjaan dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian (p>0,05).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | apt. Dita Permatasari, S.Farm., M.Farm.; apt. Dian Ayu Juwita, S.Farm, M.Farm. |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pasien; Pelayanan Kefarmasian; Karakteristik Responden; Apotek Rawat Jalan |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi > S1 Farmasi |
Depositing User: | S1 Fakultas Farmasi |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 07:58 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 07:58 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/488576 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |