Penyelesaian Sengketa Penggunaan Kartu Kredit Di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Padang (Study Perkara Nomor 01/P3K/I/2012)

Ratih, Karmela (2013) Penyelesaian Sengketa Penggunaan Kartu Kredit Di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Padang (Study Perkara Nomor 01/P3K/I/2012). S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
HUKUM PERDATA BISNIS 2013 RATIH KARMELA 0910112071.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan Pembangunan Dan Ekonomi Yang Begitu Pesat Telah Menghasilkan Berbagai Produk Dan Jasa Yang Dapat Dikonsumsi Dan Digunakan Oleh Masyarakat Luas. Perkembangan Ini Juga Diiringi Dengan Berbagai Kemajuan Di Bidang Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Sebagai Sarana Pendukung, Terutama Dalam Dunia Usaha Seperti Kegiatan Transaksi Pembayaran. Hal Seperti Ini Sangat Membantu Konsumen Untuk Melakukan Transaksi. Untuk Itu Kartu Kredit Hadir Ke Tengah Masyarakat. Dalam Menjalankan Transaksi Kartu Kredit, Kadangkala Dijumpai Adanya Permasalahan Yang Timbul Antara Konsumen Dan Pelaku Bisnis Yang Dapat Menimbulkan Reaksi Dari Pihak Yang Dirugikan Dari Penggunaan Kartu Kredit, Yakni Konsumen. Untuk Menjamin Penyelenggaraan Perlindungan Konsumen Dibentuklah Regulasi Yaitu Dengan Lahirnya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Didalam Undang-Undang Ini Diatur Mengenai Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), Yakni Badan Penyelesaian Sengketa Di Luar Peradilan Yang Dilakukan Dengan Cara Damai Dan Kekeluargaan, BPSK Kota Padang Sebagai Salah Satu BPSK Yang Dibentuk Oleh Pemerintah Telah Menangani Dan Menyelesaikan Sengketa Kartu Kredit Pada Tahun 2012 Antara Dosen Pengguruan Tinggi Swasta Di Kota Padang Sebagai Penggugat Melawan BNI Cabang Pekanbaru. Permasalahan Yang Dibahas Dalam Penelitian Ini Yaitu Bagaimanakah Teknik Penyelesaian Sengketa Penggunaan Kartu Kredit Pada BPSK Kota Padang Dan Apakah Kendala-Kendala Yang Ditemui Oleh BPSK Dalam Penyelesaian Sengketa Penggunaan Kartu Kredit Serta Bagaimana Upaya Untuk Mengatasi Kendala Tersebut. Pendekatan Masalah Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Yakni Metode Penelitian Yuridis Sosiologis.. Penelitian Dilakukan Di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Padang. Adapun Hasil Penelitian Yakni Dalam Sengketa Tersebut Belum Diselesaikan Sesuai Dengan Peraturan Perundang-Undangan Yang Berlaku, Khususnya Mengenai Waktu Penyelesaian Sengketa Yang Tidak Tepat Waktu, Penyelesaian Sengketa Melebihi Waktu Yang Telah Diatur Di Dalam Peraturan Perundang-Undangan, Yaitu Lewat Dari 21 Hari Kerja Sebagaimana Yang Telah Ditentukan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Adapun Kendala Yang Dihadapi Adalah Faktor Kehadiran Pelaku Usaha, Kelengkapan Barang Bukti Dan Sulitnya Pembuktian, Dan Mimimnya Pengetahuan Majelis Dalam Hal Kartu Kredit Dan Teknologi.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Tasman,S.H.,M.H ; Neneng Oktarina,S.H.,M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Hukum
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 13 Feb 2025 07:05
Last Modified: 13 Feb 2025 07:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/488537

Actions (login required)

View Item View Item