EYE, TESSA PARISSA (2014) Pelaksanaan Perjainjian Kerjasama Pelayanan Jasa Perbankan Dan Penerbitan Kartu Atm Antara Pt. Bank Nagari Cabang Utama Padang Dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sumatera Barat. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text
HUKUM HUKUM PERDATA BISNIS 2014 TESSA PARISSA EYE 1010112082.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kegiatan perekonomian manusia saat ini tidak terlepas dari kegiatan yang dapat mempermudah dan mempercepai tercapainya nilai ekonomi yang lebih tinggi. Untuk itu manusia melakukan kegiatan usaha yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam melakukan kegiatan usaha tersebut, dibutuhkan peran pengusaha yang dapat manbantu dalam proses pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Dalam rangka menjalin hubungan baik antara para pengusaha dengan pihak lain, maka para pengusaha melakukan suatu kerjasama yang biasanya dalam bentuk perjanjian kerjasama. Berdasarkan Hal tersebut Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Barat dengan PT. Bank Nagari Cabang Utama Padang membuat perjanjian kerjasama dibidang pelayanan jasa perbakan dan penerbitan kartu ATM Nomor : 116/02-SUMBAR/PKS/XII/2011. Dalam hal ini penulis mengangkat skripsi yang berjudul "Pelaksanaan perjanjian kerjasama pelayanan jasa perbankan dan penerbitan kartu ATM antara PT. Bank Nagari Cabang Utama Padang dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Barat.Adapun permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah mengenai bagaimana pelaksanaan perjanjian kerjasama pelayanan jasa perbankan dan penerbitan kartu ATM antara PT. Bank Nagari Cabang Utama Padang dengan Himpunan, Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI Sumatera Barat dan apasajakah bentuk wanprestasi dalam pelaksanaan perjanjian kerjasama pelayanan jasa perbankan dan penerbitan kartu ATM dan bagaimana penyelesaiannya.Untuk menjawab permasalahan tersebut, adapun metode penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis dan bersifat deskriptif analitis. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penelitian lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari penelitian kepustakaan. Alat pengumpul data yang digunkan adalah studi dokumen dan wawancara. Data tersebut diolah dan disusun secara sistematis lalu dianalisis secora kualitatif sehingga dapat diperoleh suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pelaksanaan perjanjian kerjasama pelayanan jasa perbankan dan penerbitan kartu ATM antara PT. Bank Nagari Cabang Utama Padang dengan HIPMI Sumbar tidak berjalan sebagaimana mestinya, salah satu pihak tidak melaksanakan apa yang telah diperjanjikan (wanpresiasi). diantaranya pemenuhan prestasi tapi tidak sebagaimana mestinya dan terlambat melakukan prestasi. Penyelesaian dari wanpresiasi tersebut adalah musyawarah yang dilakukan oleh para pihak mengenai cara mcngatasi wanpresiasi tersebut. Namun, bentuk wanpresiasi tersebut tidak menghalangi pelaksanaan perjanjian tersebut. Adapun kendala dalam pelaksanaan perjanjian adalah pembuatan kartu tanda anggota yang lambat, kesulitan penyampaian laporan setiap awal bulan oleh PT. Bank Nagari, kendala dalam pemberian pelayanan jasa bank, pembukaan rekening labungan yang lambat, penyampaian dafW nama anggola yang lama dan kesibukan anggota HIPMI.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr.Hj. Yulfasni,S.H., M.H.; Muhammad HasbI, S.H., M.H. |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
Depositing User: | Ms Dian Budiarti |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 07:39 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:39 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/488302 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |