PENINGKATAN RUAS JALAN AIR SEBAKUL – BETUNGAN DENGANMENGGUNAKAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT)

PUTRA, WAWAN (2025) PENINGKATAN RUAS JALAN AIR SEBAKUL – BETUNGAN DENGANMENGGUNAKAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT). Profesi thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak + Cover.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (BAB I.PENDAHULUAN)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (BAB V.PENUTUP)
BAB V. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text (Laporan Teknik Full)
Laporan Teknik Full..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Jalan merupakan bagian dari sistem transportasi sebagai pelayanan sarana infrastruktur bagi dampak pertumbuhan ekonomi dan jumlah penduduk yang mengakibatkan bertambah besarnya volume lalu lintas serta jenis kendaraaan yang melintas pada ruas Jalan tersebut. Ruas Jalan Air Sebakul – Betungan merupakan pekerjaan konstruksi yang berada pada ruas Jalan Nasional Provinsi Bengkulu di Kota Madya Bengkulu. Lebar badan jalan dan elevasi yang kurang sesuai, serta terdapat berbagai jenis kerusakan jalan baik kerusakan ringan maupun parah di sepanjang ruas jalan tersebut, menyebabkan tidak terpenuhinya tingkat layanan/ Level of Service (LoS) yang diisyaratkan pada beberapa segmen jalan tersebut. Oleh sebab itu, pada ruas jalan Air Sebakul – Betungan dinilai perlu untuk dilakukan pekerjaan Rekonstruksi dan Pemeliharan Rutin. Mengingat jalan tersebut merupakan koridor utama untuk angkutan barang dan manusia, berkurangnya kinerja jalan tentunya menyebabkan biaya transportasi meningkat, waktu tempuh meningkat, serta jumlah kecelakaan yang kemungkinan juga dapat meningkat. Sehingga diharapkan dengan pekerjaan konstruksi ini dapat mempertahankan dan memulihkan LoS yang ada agar dapat memperlancar transportasi dan mendukung pembangunan ekonomi nasional dan setempat. Pekerjaan Ruas Jalan Air Sebakul – Betungan merupakan bagian dari kegiatan PPK 2.1 Satuan KerjaBalai Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Bengkulu. dengan beberapa Lingkup Pekerjaan salah satunya yaitu Peningkatan Ruas JalanAir Sebakul – Betungan sepanjang 5,564 Km. Sehubungan dengan kondis jalan yang mengalami banyak kerusakan akibat kepadatan dan beban Lalu lintas berat yang dilalui oleh kendaraan-kendaraan berat baik angkutan barang dan jasa maupun angkutan batubara maka ruas jalan tersebut ditingkatkanmenjadi jalan dengan perkerasan kaku(beton semen). Perkerasan kaku adalahsuatu susunan konstruksi perkerasan dimana sebagai lapisan atas dipergunakanpelat beton, yang terletak di atas pondasi ataulangsung diatas tanah dasar (BinaMarga, 2003). Sesuai hasil Perencanaan dari Design Perencana yang dikeluarkan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional ( BPJN) Provinsi Bengkulu Peningkatan Ruas Jalan Air Sebakul – Betungan sepanjang 5,564 Km lebar Badan Jalan 7,00 m dengan Tebalperkerasan Beton Semen tebal 30,05 cm menggunakan beton Fs’ 45 dan Lapis Pondasi beton kurus tebal 10 cm menggunakan beton ‘Fc 10.

Item Type: Thesis (Profesi)
Supervisors: Prof. Dr. Ir. Bambang Istijono, M. Eng. IPU
Uncontrolled Keywords: Transportasi, Perkerasan Kaku,Metode Pelaksaanaan, Kerusakan Jalan
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Pascasarjana (S2) > Pendidikan Profesi Insinyur
Depositing User: Profesi Insinyur insinyur
Date Deposited: 23 Jan 2025 03:00
Last Modified: 23 Jan 2025 03:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/487149

Actions (login required)

View Item View Item