ANALISIS RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA BAGIAN PRODUKSI PT. KEBUN PANTAI RAJA DESA TANJUNG PAUH, PROVINSI RIAU TAHUN 2019

Aulia, Rizki (2019) ANALISIS RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA BAGIAN PRODUKSI PT. KEBUN PANTAI RAJA DESA TANJUNG PAUH, PROVINSI RIAU TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup))
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Perkembangan industri di dunia semakin maju namun belum diimbangi dengan kesadaran dalam memahami dan melaksanakan keselamatan kerja secara benar. PT. Kebun Pantai Raja merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang kelapa sawit. Angka kecelakaan kerja di PT. Kebun Pantai Raja selama 5 tahun terakhir sebanyak 9 kali kecelakaan kerja, masih belum mencapai zero accident, ini menunjukkan bahwa potensi bahaya setiap risiko kecelakaan masih cukup tinggi, karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumber bahaya dan menganalisis risiko di bagian produksi PT. Kebun Pantai Raja, Provinsi Riau Tahun 2019. Metode Desain penelitian ini adalah semi-kualitatif. Penelitian ini berlangsung pada Mei-Juni 2019. Analisis risiko keselamatan dan kesehatan kerja menggunakan metode HIRARC. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi lapangan, dan telaah dokumen, Informan yang dipilih sebanyak 16 orang menggunakan teknik purposive sampling. Hasil Hasil identifikasi didapatkan sumber bahaya berasal dari bahaya biologi, bahaya fisik, bahaya mekanis dan bahaya listrik. Penilaian risiko bagian produksi terbagi atas 2 risiko sangat tinggi, 42 risiko tinggi, 30 risiko sedang, dan 5 risiko rendah. Pengendalian yang telah diterapkan adalah penggunaan APD, pemasangan rambu K3 dan APAR. Kesimpulan Terdapat 5-9 sumber bahaya pada tiap tahapan produksi. Penilaian risiko pada tiap proses produksi umumnya berisiko tinggi. Pengendalian risiko belum terlaksana dengan baik. Maka disarankan kepada perusahaan untuk menyusun dokumen HIRARC, melakukan training tentang K3 di perusahaan dan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan berkala.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 26 Jul 2019 15:42
Last Modified: 26 Jul 2019 15:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48697

Actions (login required)

View Item View Item