Stevvy, Dedriani (2024) ANALISIS PELAKSANAAN SEKOLAH LAPANG (SL) KOMODITI PADI PADA KELOMPOK TANI IKUA KOTO DALAM PROGRAM (IPDMIP) NAGARI KUBANG KECAMATAN BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover Abstrak.pdf - Published Version Download (172kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (252kB) |
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (172kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (264kB) |
|
Text (Skripsi full text)
SKRIPSI STEVVY DEDRIANI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Sekolah Lapang adalah sekolah tanpa dinding, tanpa pemisah dan pembatas, terbuka dan bersifat tidak formal dengan metode pendekatan pendidikan orang dewasa (POD) guna mengembangkan dan memberdayakan petani/kelompok tani/masyarakat melalui sistem pembelajaran berdasarkan pengalaman dalam melaksanakan kegiatan. Sekolah lapang sebagai salah satu metode penyuluhan atau pembelajaran dan pendidikan petani memiliki ciri khusus, prinsip, azas, tahapan yang membedakannya dengan metode penyuluhan dan pembelajaran lainnya. Pada pelaksanaan sekolah lapang tidak lepas pada campur tangan penyuluh pertanian. Secara keseluruhan pada sebuah SL akan dipandu dan didampingi oleh penyuluh pertanian, pelaksanaan sekolah lapang di daerah irigasi kubang kelompok tani Ikua Koto di duga juga belum sesuai dengan panduan pelaksanaan dalam panduan pelaksanaan dijelaskan bahwa peserta sekolah lapang harus mengikuti semua rangkaian kegiatan dalam sekolah lapang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pelaksanaan Sekolah Lapang Komoditi Padi Pada Kelompok Tani Ikua Koto Dalam Program Integrated Particyptory Development Management Irigation Proyek (IPDMIP) Nagari Kubang Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 31 Mei – 31 Juni 2024 di Kelompok Tani Ikua Koto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan analisis data menggunakan analisis Model Miles and Huberman (1992). Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Metode pengambilan informan penelitian yaitu metode sensus. Jumlah informan penelitian dalam penelitian ini adalah 22 orang. Pengumpulan data dilapangan dilakukan wawancara secara mendalam dengan informan penelitian menggunakan panduan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ppelaksanaan sekolah lapang yang sudah sesuai dengan panduan pelaksanaan Program IPDMIP 2022 adalah peserta (anggota dan kehadiran) waktu, tempat, metode materi, pemandu dan pendamping sekolah lapang. Umur peserta tidak sesuai dengan panduan karena dipanduan pelaksanaan dijelaskan umur peserta 25 sampai dengan 39 tahun sedangkan di lapangan peserta berumur 40 lebih , dan juga jumlah pesera SL tidak sesuai dengan panduan , dipanduan dijelaskan jumlah peserta 25 sampai 30 orang, sedangkan di lapangan berjumlah 20 orang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Ir.Dwi Evaliza,M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Sekolah Lapang, Kelompok Tani |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Penyuluh Pertanian |
Depositing User: | s1 agribisnis agribisnis |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 04:03 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 04:03 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/485098 |
Actions (login required)
View Item |