GAMBARAN PEMAKAIAN GADGET GAME TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 3-6 TAHUN DI TK SARASAH INDAH BATU KAMBING KECAMATAN AMPEK NAGARI KABUPATEN AGAM TAHUN 2019

Ismiati, Ismiati (2019) GAMBARAN PEMAKAIAN GADGET GAME TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 3-6 TAHUN DI TK SARASAH INDAH BATU KAMBING KECAMATAN AMPEK NAGARI KABUPATEN AGAM TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
1. Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
2. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (kesimpulan)
3. kesimpulan.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
FULL SKRIPSI Juli ok revisi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ANDALAS Skripsi, Mei 2019 ISMIATI, No. BP. 1611216075 GAMBARAN PEMAKAIAN GADGET GAME TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 3-6 TAHUN DI TK SARASAH INDAH BATU KAMBING KECAMATAN AMPEK NAGARI KABUPATEN AGAM TAHUN 2019 X + 86 halaman, 09 tabel, 02 gambar, 010 lampiran ABSTRAK Tujuan Penelitian Anak usia 3-6 tahun mengalami proses perkembangan fisik, motorik, intelektual, emosional, bahasa dan sosial dengan cepat. Salah satu yang mempengaruhi perkembangan adalah gadget. Gadget dilengkapi fitur-fitur seperti sosial media, video, audio, gambar dan game sehingga anak kecanduan dan menjadi malas bergerak atau beraktivitas. Keadaan ini mempengaruhi perkembangan anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pemakaian gadget game terhadap tumbuh kembang anak usia 3-6 tahun di TK Sarasah Indah Batu Kambing Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam Tahun 2019. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan penelitian terdiri dari 15 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, FGD, dan observasi. Pengolahan data menggunakan content analysis dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil Hasil penelitian didapatkan bahwa faktor yang menyebabkan anak mengalami kecanduan terhadap gadget game disebabkan oleh pengetahuan, perilaku dan lingkungan, serta peran orang terdekat anak seperti. Orang tua, guru yang memiliki pengaruh pada anak dalam hal pembatasan durasi, pengawasan saat pemakaian, melakukan filter terhadap konten yang ditonton anak.. Karna pemakaian gadget yang berlebihan pada anak di usia 3-6 tahun berdampak buruk terhadap pertumbuhan dan perkembanganya . Kesimpulan Pemakaian gadget pada anak usia 3-6 tahun, agar bisa menjadi perhatian pada semua pihak terkait seperti orang tua, guru disekolah untuk membatasi pemakaian pada anak dan dianjurkan untuk memberikan stimulus untuk mencapai perkembangan yang sesuai dengan usia anak. Daftar Pustaka : 40 (2009-2019) Kata Kunci : Gadget game, pertumbuhan dan perkembangan, Anak Usia 3-6 Tahun

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ayulia Fardila Sari ZA, SKM, MPH
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 26 Jul 2019 10:54
Last Modified: 26 Jul 2019 10:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48502

Actions (login required)

View Item View Item