TRANSFORMASI PESANTREN SEBAGAI DAYA TARIK WISATA RELIGI DAN PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL (STUDI KASUS PESANTREN DAARUT TAUHIID BANDUNG, JAWA BARAT, INDONESIA)

BAHRI, SYAMSUL (2024) TRANSFORMASI PESANTREN SEBAGAI DAYA TARIK WISATA RELIGI DAN PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL (STUDI KASUS PESANTREN DAARUT TAUHIID BANDUNG, JAWA BARAT, INDONESIA). S3 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK SYAMSUL BAHRI.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I SYAMSUL BAHRI.pdf - Published Version

Download (463kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V SYAMSUL BAHRI.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAAN SYAMSUL BAHRI.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text (DISERTASI FULL)
DISERTASI LENGKAP SYAMSUL BAHRI (Water mark).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam di Indonesia dan memiliki modal religius untuk bertransformasi sebagai daya tarik wisata religi. Tranformasi pesantren sebagai daya tarik wisata religi dan pengembangan ekonomi lokal belum tereksplorasi dalam berbagai kajian. Untuk itu, kajian yang menarik untuk diteliti dengan tujuan: (1) menganalisis transformasi pesantren sebagai daya tarik wisata religi dan pengembangan ekonomi lokal, (2) menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pesantren sebagai daya tarik wisata religi dan pengembangan ekonomi lokal, (3) membuat model transformasi pesantren sebagai daya tarik wisata religi dan pengembangan ekonomi lokal. Penelitian dilakukan di Pesantren Daarut Tauhiid Bandung menggunakan metode studi kasus dengan data kualitatif dan kuantitatif pada bulan Januari-Juli 2022. Analisis data kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman, sedangkan data kuantitatif menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Informan terdiri dari pengunjung, pengelola pesantren, masyarakat, pelaku industri pariwisata dan pejabat pemerintah. Responden adalah pengunjung Pesantren Daarut Tauhiid Bandung dalam periode 2017-2022, dipilih dengan cara purposive sampling. Hasil penelitian didapat: (1) Pesantren Daarut Tauhiid Bandung telah berhasil melakukan transformasi dengan pendekatan 4R (Reframing, Restructuring, Revitalizing, Renewing) sebagai daya tarik wisata religi, dimana pendekatan Restructuring dan Revitalizing menjadi yang dominan dan didukung oleh figur Kiai Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) yang karismatik dan entrepreneur sebagai inisiator, modal religius dan wakaf produktif sebagai bentuk strategi kemandirian ekonomi Pesantren Daarut Tauhiid Bandung, (2) faktor karakteristik wisatawan religi, modal religius, atribut wisata religi, motivasi wisatawan religi dan lingkungan sosial ekonomi pesantren yang memengaruhi daya tarik wisata religi pesantren, (3) model tranformasi pesantren sebagai daya tarik wisata religi dan pengembangan ekonomi lokal. Daya tarik wisata religi pesantren terdiri dari pemimpin spiritual karismatik, aktivitas ibadah, mengikuti pendidikan agama, festival keagamaan, panorama dan kegiatan di alam. Kajian berkontribusi terhadap aplikasi teori transformasi dan modal religius serta bidang ilmu pengembangan ekonomi lokal.

Item Type: Thesis (S3)
Supervisors: Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE. MA; Dr. Hefrizal Handra, M. Soc
Uncontrolled Keywords: transformasi, pesantren, modal religius, daya tarik wisata religi, ekonomi lokal
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S3 Ekonomi
Depositing User: s3 Ilmu Ekonomi
Date Deposited: 31 Dec 2024 07:02
Last Modified: 31 Dec 2024 07:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/484775

Actions (login required)

View Item View Item