Rivi, Arisandhy (2024) Pelayanan Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Pada Rumah Sakit Studi Kasus di Rumah Sakit Umum Daerah Solok Selatan, Muara Labuh, Kecamatan Sungai Pagu. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Astrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (218kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (465kB) |
|
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version Download (165kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (214kB) |
|
Text (Skrpsi full text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana pelayanan pasien badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) pada rumah sakit. Permasalahan penelitian ini yaitu, bagaimana bentuk-bentuk pelayanan RSUD Solok Selatan terhadap pasien BPJS, dan bagaimana pandangan pasien BPJS terhadap pelayanan yang diberikan RSUD Solok Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk pelayanan RSUD Solok Selatan terhadap pasien BPJS, dan mendeskripsikan pandangan pasien terhadap pelayanan yang diberikan RSUD Solok Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara kepada pasien BPJS yang pernah mendapatkan pelayanan di rumah sakit ini. Sedangkan pemilihan infroman dilakukan dengan cara purposive sampling, serta membagi informan menjadi informan kunci dan informan biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk pelayanan RSUD Solok Selatan sudah berjalan baik dari segi pelayanan medis, serta fasilitas yang didapatkan pasien selama masa pengobatan di rumah sakit. Namun memang masih ada beberapa pasien yang masih mengeluhkan perihal kesigapan dan keramahan tenaga medis dalam melayani pasien BPJS, serta terdapat sedikit keluhan terkait kebersihan ruang rawat inap serta toilet. Beberapa pasien juga menyadari adanya upaya perbaikan dari pihak rumah sakit, terutama dalam hal renovasi fasilitas dan peningkatan pelayanan. Meskipun sebagian besar pasien merasa cukup puas dengan pelayanan yang diterima, masih ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki agar layanan rumah sakit dapat lebih optimal dan memenuhi harapan pasien BPJS. Ada juga perbedaan pandangan pasien BPJS dengan pasien non-BPJS terhadap pelayanan yang diberikan rumah sakit. Pasien non-BPJS merasa menerima pelayanan yang baik, meskipun dengan biaya yang harus mereka tanggung lebih tinggi. Namun, jika biaya administrasi dapat ditekan atau dibuat lebih terjangkau, banyak pasien non-BPJS yang percaya bahwa pengalaman mereka di rumah sakit akan semakin memuaskan. Sedangkan pasien BPJS merasa menerima pelayanan yang kurang baik, walaupun tidak semua pasien BPJS mengeluhkan pelayanan yang mereka dapatkan, tidak sedikit pasien BPJS juga ikut merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan rumah sakit. Namun, masih banyak pasien BPJS yang mengeluhkan waktu tunggu yang sangat lama. Kata Kunci: Kepuasan Pasien, BPJS, Pelayanan Rumah Sakit, RSUD Solok Selatan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Pembimbing I: Prof. Dr. Erwin, M.Si; Pembimbing II: Dra. Ermayanti, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pasien, BPJS, Pelayanan Rumah Sakit, RSUD Solok Selatan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Antropologi Sosial |
Depositing User: | S1 Antropologi Sosial |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 00:47 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 00:47 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/484612 |
Actions (login required)
View Item |