Vivi, Milandra (2016) AN ANALYSIS OF THEMATIC PROGRESSIONS IN THE INTRODUCTORY PARAGRAPH OF THE ESSAY WRITTEN BY ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS OF ANDALAS UNIVERSITY. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (Introduction)
BAB 1.pdf - Published Version Download (267kB) | Preview |
|
|
Text (Conclusion and Suggestion)
BAB AKHIR.pdf - Published Version Download (257kB) | Preview |
|
|
Other (Bibliography)
BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version Download (290kB) | Preview |
|
Text (Thesis Full Text)
SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas penggunaan pola pengembangan tematik (Thematic Progression patterns) pada teks yang ditulis oleh mahasiswa Sastra Inggris, Universitas Andalas. Pola pengembangan tematik (Thematic Progression patterns) adalah pergantian antara kombinasi tema dan rema dalam teks. Dalam hal ini, teks yang dianalisis adalah sepuluh paragraf pembuka esai dari Ujian Akhir Semester mata kuliah Kritik Sastra (Literary Criticism) kelas B dan kelas D. Penelitian ini menggunakan metode simak dalam pengumpulan data, dimana kesepuluh paragraf pembuka esai tersebut akan dibagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil yaitu klausa dengan menggunakan teknik Bagi Unsur Langsung oleh Sudaryanto (1994). Lalu, data dianalisa dengan menggunakan Metode Agih oleh Sudaryanto (1994) dan metode analisis pola pegembangan tematik (Thematic Progression) oleh Lise Fontaine (2013). Kemudian, hasil analisis data akan ditampilkan dengan menggunakan metode Informal dan formal. Berdasarkan hasil analisis, pola pengembangan tematik (Thematic Progression) dapat dijumpai dalam paragraf pembuka esai yang ditulis oleh mahasiswa Sastra Inggris, Universitas Andalas, yang di dalamnya terdapat sepuluh pola tematik turunan(Derived Thematic Progression), dua puluh lima pola tematik konstan (Constant Thematic Progression), dua puluh tiga pola tematik yang zig-zag (Linear Thematic Progression), dan empat belas tema yang tidak berkaitan dengan tema sebelumnya (Ruptured Theme). Kemudian, berdasarkan penelitian ini, unsur kepaduan(Cohesive elements) bentuk pembangun tema(Theme ) dalam klausa direpresentasikan oleh acuan (Referential), pengulangan (Repetition) dan klausa bawaan (Superordinate) dan penghilangan kata (ellipsis). Kata kunci: cohesive elements,Theme, Rheme, Thematic Progression
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris |
Depositing User: | s1 sastra inggris |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 01:59 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 01:59 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/4844 |
Actions (login required)
View Item |