SAPUTRA, DIKKY HENDRI (2013) Perlindungan Hukijm Terhadap Nasabah Penyimpan Dana Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Lubuk Sikaping. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (SKripsi Full Text)
HUKUM BISNIS 2013 DIKKY HENDRI SAPUTRA 0910112091.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Bank merupakan inti dari suatu sistem keuangan negara. Fungsi utama perbankan adalah menghimpun dana dari masyarakat melalui giro, tabungan dan deposito kemudian menyalurkannya kemasyarakat dalam bentuk kredit dan sebagainya. Dengan demikian, bank adalah lembaga keuangan yang eksistensinya tergantung mutlak pada kepercayaan dari para nasabah yang mempercayakan dana dan jasa-jasa lain yang dilakukan mereka melalui bank. Oleh karena itu maka nasabah harus mendapatkan perlindungan dari tindakan-tindakan yang dapat merugikan nasabah. Menurut data Bank Indonesia tingkat kejahatan di industri perbankan RI pada 2012 tercatat 1.009 kasus. Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen menjadi landasan hukum yang kuat bagi semua pihak untuk memberikan perlindungan terhadap nasabah selaku konsumen. Berdasarkan hal-hal diatas, tujuan dari penulisan hukum ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan perlindungan hukum terhadap nasabah penyimpan dana pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Lubuk sikaping dan Kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam memberikan perlindungan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris yaitu pendekatan masalah melalui penelitian hukum kelapangan dengan melihat norma hukum yang berlaku dan menghubungkan dengan fakta yang ada dalam masyarakat sehubungan dengan permasalahan yang ditemui dalam penelitian. Sifat penelitian ini bersifat deskriptif, hanya menggambarkan objek penelitian secara objektif dalam hal ini menggambarkan bagaimana pelaksanaan perlindungan hukum nasabah penyimpan dana pada Bank BRI Cabang Lubuk Sikaping. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan studi dokumen serta wawancara dengan melakukan analisis kualitatif. Dari Penelitian yang telah dilakukan, permasalahan yang dibahas dapat diketahui yaitu (1) Bahwa perlindungan hukum terhadap nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Lubuk Sikaping secara keseluruhan sudah terlaksana sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (2) Kendala-kendala yang dihadapi dalam memberikan perlindungan terhadap nasabah adalah adanya kemungkinan terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh pegawai Bank BRI itu sendiri, kemungkinan terjadinya kerusakan sistem teknologi yang digunakan Bank, nasabah kurang memperhatikan informasi yang diberikan oleh Bank mengenai suatu produk Bank. Dari uraian yang telah penulis kemukakan dalam skripsi ini. Bank hendaknya lebih memperbaiki kinerjanya dan nasabah barus lebih bersikap kritis untuk mengetahui hak dan kewajibannya, serta perlu adanya sanksi yang tegas untuk setiap pihak yang melakukan kejahatan perbankan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | 1.Dr.Hj.Yufasni, S.H., M.H.; 2.Andalusia, S.H., M.H. |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
Depositing User: | Monalisa Fitri Andres |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 04:50 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 04:50 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/484387 |
Actions (login required)
View Item |