Pemanfaatan Sampah Organik Pasar dan Domestik untuk Produksi MOL (Mikroorganisme Lokal) sebagai Produk Alternatif Pengganti EM4

Titik, Wulandari (2019) Pemanfaatan Sampah Organik Pasar dan Domestik untuk Produksi MOL (Mikroorganisme Lokal) sebagai Produk Alternatif Pengganti EM4. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

MOL (Mikroorganisme Lokal) adalah larutan hasil fermentasi, yang mengandung unsur hara mikro, makro, dan organisme. MOL dihasilkan dari berbagai sumber daya yang tersedia di daerah setempat, seperti sampah. Banyaknya jumlah sampah organik di kota Padang berpotensi untuk dijadikan bahan baku pembuatan MOL. Penelitian mengenai “Pemanfaatan Sampah Organik Pasar dan Domestik untuk Produksi MOL (Mikroorganisme Lokal) sebagai Produk Alternatif Pengganti EM4” telah dilaksanakan pada bulan Februari – Juni 2019 di Laboratorium Riset Mikrobiologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelompok mikroba dan menghitung jumlah total mikroba yang terdapat dalam MOL, serta mengetahui kualitas kompos yang dihasilkan dengan pembuatan MOL. Metode yang digunakan adalah metode survei untuk pengambilan sampel dan metode eksperimental untuk menghasilkan MOL. Hasil penelitian menunjukan bahwa ditemukan kelompok mikroba (bakteri, jamur, dan khamir) pada MOL. Total koloni bakteri, jamur, dan khamir pada M4 (MOL tahap 4) adalah: bakteri 8.2×104 cfu/ ml, jamur 1.7×104 cfu/ ml, dan khamir 9.3×104 cfu/ ml. Kompos yang dihasilkan dengan penambahan M4 (MOL tahap 4) ataupun EM4 (kontrol) memiliki tekstur dan aroma kompos yang sama. Kompos menggunakan M4 berwarna coklat tua, sedangkan kompos EM4 berwarna kehitaman. Suhu dan pH pada kompos menggunakan M4 adalah 270C dan 4, sedangkan kompos EM4 300C dan 6.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fuji Astuti Febria, M.Si
Uncontrolled Keywords: EM4, Kompos, MOL, Sampah Organik
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 26 Jul 2019 12:29
Last Modified: 26 Jul 2019 12:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48414

Actions (login required)

View Item View Item