Rifki, Juniko Desyef (2024) Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Terhadap Peserta Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan Di Puskesmas Tanjung Paku, Solok. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version Download (115kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (276kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version Download (91kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version Download (180kB) |
|
Text (Skripsi Full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Deklarasi Hak Asasi Manusia pada Tahun 1947 telah menegaskan pentingnya kesehatan sebagai hak asasi setiap individu dengan menyatakan bahwa setiap penduduk berhak atas jaminan manakala ia sakit. Sistem Jaminan Sosial Nasional bertujuan memberikan kepastian perlindungan dan kesejahteraan nasional bagi seluruh rakyat Indonesia, penerapan jaminan nasional tersebut dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan adalah badan yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Proses pengobatan dengan BPJS belum berhasil sepenuhnya disediakan dan diakses oleh masyarakat sehingga masyarakat mengeluh akibat lalai nya tindakan dan penolakan oleh pihak rumah sakit rujukan dengan berbagai alasan yang sangat merugikan pasien timbulah pertanyaan bagaimanakah pelaksanaan program BPJS tersebut adapun permasalah yang di bahas dalam skripsi ini yaitu: Pertama, Bagaimana Pelayanan Kesehatan terhadap peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Puskesmas Tanjung Paku, Solok. Kedua, Apa saja kendala dan solusi pelayanan kesehatan terhadap peserta Badan Penylenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Puskesmas Tanjung Paku, Solok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yuridis empiris. Dengan melakukan pendekatan penelitian dengan menggali informasi dilapangan (Field Research). Penelitian ini bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini yaitu, Pertama, Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tanjung Paku, Solok terhadap peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan belum maksimal dan belum merata terhadap Peserta BPJS karena tanggapan yang berbeda di dapat dari wawancara langsung dengan pasien. Sebagian menyatakan kepuasan karena kini mengikuti program ini, sementara lainnya merasa pelayanan kurang memuaskan. Kedua, Terdapat beberapa hambatan Ketika dalam melakukan pelayanan terhadap peserta BPJS, meliputi: Keterbatasan jumlah tenaga medis dan fasilitas kesehatan yang tidak sebanding dengan jumlah pasien yang membutuhkan pelayanan, dan kurangnya koordinasi antara berbagai pihak terkait dan volume pasien, dan solusi yang dapat di terapkan dalam mengatasi hambatan yaitu, diperlukan peningkatan dan perluas infrastruktur jaringan di seluruh fasilitas kesehatan agar lebih stabil, peningkatan adopsi teknologi informasi, pengembangan SOP yang jelas, serta koordinasi rutin antara berbagai institusi kesehatan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Misnar Syam,S.H.,M.Hum |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Kesehatan, BPJS Kesehatan, Fasilitas Kesehatan |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 09:54 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 09:54 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/483141 |
Actions (login required)
View Item |