UPAYA KOREA SELATAN DALAM MEMBANGUN CITRA DI JEPANG MELALUI KOREAN WAVE

Mely, Maharani (2024) UPAYA KOREA SELATAN DALAM MEMBANGUN CITRA DI JEPANG MELALUI KOREAN WAVE. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text (Bab I - Pendahuluan)
Bab I - Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (600kB)
[img] Text (Bab V - Penutup)
Bab V - Penutup.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (479kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text - Mely Maharani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Korean Wave telah menjadi salah satu sarana bagi Korea Selatan dalam membangun nation branding Korea Selatan. Konflik sejarah antara Korea Selatan dan Jepang serta isu-isu mengenai hubungan diplomatik kedua negara kembali terjadi pada tahun 2018 yang menyebabkan terjadinya peningkatan terhadap persepsi negatif Jepang terhadap Korea Selatan. Permasalahan ini tentunya menjadi hal yang diperhatikan oleh pemerintah Korea Selatan untuk menjaga citra negaranya. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana upaya Korea Selatan dalam membangun citra negara mereka di Jepang melalui Korean Wave. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka. Upaya Korea Selatan dalam membangun citra negaranya di Jepang melalui Korean Wave ini dianalisis dengan menggunakan kerangka konseptual nation brand hexagon oleh Simon Anholt. Terdapat enam indikator yang menjadi acuan dalam melihat upaya suatu negara dalam membangun nation branding. Dalam enam indikator yakni pariwisata, ekspor, pemerintah, budaya dan warisan, investasi dan imigrasi, serta masyarakat dapat membantu penulis dalam melihat apa saja upaya yang dilakukan oleh aktor negara dan non-negara dalam menyebarkan Korean Wave di Jepang dengan tujuan untuk membangun branding negara Korea Selatan. Berdasarkan operasionalisasi konsep, dapat disimpulkan bahwa aktor negara yakni pemerintah dan kementerian telah berupaya untuk membangun citra Korea Selatan di Jepang yang dibantu oleh peran aktor non-negara yang berkaitan dengan Korean Wave seperti industri hiburan, perusahaan media, dan selebriti.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Haiyyu Darman Moenir, S.IP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Korean Wave, Citra Bangsa, K-pop, Korea Selatan, Jepang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:36
Last Modified: 11 Nov 2024 02:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/482395

Actions (login required)

View Item View Item