Implementasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) di Kota Solok

Silvi, Kurnia Putri (2024) Implementasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) di Kota Solok. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (BAB I)
Text (BAB I).pdf - Published Version

Download (834kB)
[img] Text (BAB VI)
Text (BAB VI).pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (450kB)
[img] Text (Skripsi Full Text_Silvi Kurnia Putri_2010841002)
Skripsi Full Text_Silvi Kurnia Putri_2010841002.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Silvi Kurnia Putri, NIM 2010841002, Implementasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) di Kota Solok, Departemen Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2024. Dibimbing oleh: Malse Yulivestra, S.Sos, M.AP dan Dr. Desna Aromatica, S.AP, M.AP. Skripsi ini terdiri dari 204 halaman dengan referensi 7 buku teori, 5 buku metode, 6 skripsi, 7 jurnal, 2 peraturan dan 5 website. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) di Kota Solok. SP4N-LAPOR! dilaksanakan karena adanya Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 4 Tahun 2016. Pelaksanaan layanan ini bertujuan untuk merealisasikan kebijakan “no wrong door policy” sehingga setiap aduan masyarakat yang berbagai jenis laporan akan disampaikan kepada penyelenggara pelayanan. Namun dalam pelaksanaannya terdapat kendala yaitu kendala sumber daya finansial, sarana, dan juga waktu. Selain itu, koordinasi yang dilakukan juga kurang optimal. Fenomena ini menunjukkan perlu adanya dilihat bagaimana Implementasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) di Kota Solok. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan Teori Donald Van Meter dan Carl Van Horn yang terdiri dari enam variabel yaitu standar dan sasaran kebijakan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, disposisi pelaksana, komunikasi antar organisasi, serta lingkungan sosial, ekonomi dan politik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) di Kota Solok belum berjalan secara optimal. Hal ini disebabkan oleh berbagai kendala yang terjadi seperti masih kurangnya sumberdaya non-manusia, masih kurang optimalnya koordinasi dilakukan, struktur birokrasi yang memiliki rentang kendali yang panjang dan kendala pada lingkungan ekonomi.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Malse Yulivestra, S.Sos, M.AP
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan, SP4N-LAPOR!
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: S1 Administrasi Public
Date Deposited: 04 Nov 2024 07:04
Last Modified: 04 Nov 2024 07:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/481142

Actions (login required)

View Item View Item