Upaya Nation Branding Korea Selatan Melalui Pariwisata Halal di Indonesia

Maulida Rahmah Gea, Meisi (2024) Upaya Nation Branding Korea Selatan Melalui Pariwisata Halal di Indonesia. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (435kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (541kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (379kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (Full Draft Skripsi - Meisi Maulida Rahmah Gea (2010851024))
Full Draft Skripsi - Meisi Maulida Rahmah Gea (2010851024).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis upaya nation branding Korea Selatan melalui pariwisata halal di Indonesia. Korea Selatan mengalami penurunan wisatawan disebabkan konflik dengan Tiongkok yang memboikot segala produk budaya Korea hingga melarang warganya untuk berwisata ke Korea. Negara ini mengambil langkah untuk memasuki pasar Muslim dan menargetkan wisatawan Muslim dalam memulihkan penurunan jumlah wisatawannya. Akan tetapi, negara ini memiliki keterbatasan dalam penyediaan fasilitas halal serta adanya Islamofobia menjadi tantangan bagi Korea Selatan untuk menarik wisatawan Muslim. Oleh sebab itu, Korea Selatan berupaya membangun citranya sebagai negara ramah Muslim dan menargetkan Indonesia sebagai negara yang memiliki penduduk mayoritas Muslim untuk meningkatkan ekonominya. Penelitian ini menggunakan konsep nation branding dari Keith Dinnie yang menggambarkan proses nation branding, yaitu nation-brand identity, communicators of nation-brand identity, dan nation-brand image. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan penelitian deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa upaya nation branding yang dilakukan oleh Korea Selatan, dilakukan melalui penyesuaian antara budaya Korea dengan dunia Muslim dengan pembangunan fasilitas serta penyebaran informasi untuk membentuk citra sebagai negara yang ramah Muslim.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Anita Afriani Sinulingga, S.IP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Nation Branding, Pariwisata Halal, Korea Selatan, Citra, Ramah Muslim
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 22 Oct 2024 07:22
Last Modified: 22 Oct 2024 07:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/480411

Actions (login required)

View Item View Item