Kualitas Pelayanan Pasien di Poli Gigi Puskesmas Lubuk Begalung Kota Padang di Era Pandemi COVID-19

Primadesi, Neta (2024) Kualitas Pelayanan Pasien di Poli Gigi Puskesmas Lubuk Begalung Kota Padang di Era Pandemi COVID-19. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (553kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI NETA PRIMADESI (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Kualitas Pelayanan Pasien di Poli Gigi Puskesmas Lubuk Begalung Kota Padang di Era Pandemi Covid-19. Dalam penelitian ini menganalisis pelaksanaan pelayanan di poli gigi puskesmas apakah masih optimal saat pandemi covid-19 sebagai puskesmas yang terakreditasi paripurna. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembatasan layanan di poli gigi puskesmas tersebut pada saat pandemi covid-19. Sikap petugas, prosedur, waktu, fasilitas, dan biaya pelayanan merupakan lima variabel yang dianalisis dalam penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan menurut Agus Dwiyanto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Reduksi data, penyajian daata, dan penarikan kesimpulan merupakan tahapan analisis data. Metode triangulasi sumber digunakan untuk menentukan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kualitas pelayanan di Puskesmas Lubuk Begalung, khususnya pada poli gigi sudah dapat dikatakan baik terutama pada indikator sikap petugas dan prosedur layanan yang sesuai dengan SOP yang mana pelayanannya sudah menerapkan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun). Namun masih terkendala pada fasilitas yang disediakan. Waktu pelaksanaan pelayanan pun sudah sesuai dengan sebagaimana mestinya. Biaya pelayanan yang ditetapkan sesuai dengan peraturan walikota padang. Selain itu, puskesmas juga menyediakan kotak saran dan pengaduan bagi setiap masyarakat yang datang berkunjung.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Ria Ariany, Msi Drs. Yoserizal, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan; Pasien Poli Gigi; Puskesmas Lubuk Begalung
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: S1 Administrasi Public
Date Deposited: 23 Aug 2024 04:57
Last Modified: 24 Oct 2024 03:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/478605

Actions (login required)

View Item View Item