PERAN STAKEHOLDER DALAM PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH PADA PEMILIHAN UMUM TAHUN 2024 DI KOTA PADANG

Divina, Amelia Syafitri (2024) PERAN STAKEHOLDER DALAM PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH PADA PEMILIHAN UMUM TAHUN 2024 DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (563kB)
[img] Text (Penutup)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
SKRIPSI FULL-119-124.pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangin dari pemilihan umum serentak pada tahun 2024 yang menjadi sebuah tantangan besar bagi lembaga-lembaga penyelenggara pemilu. Keberhasilan pemilihan umum salah satunya sangat dipengaruhi oleh seberapa besar lembaga penyelenggara mengatur dan menjalankan proses pemilihan tersebut dengan efektif dan efisien. Salah satu tahapan persiapan dalam pemilu adalah tahap pemutakhiran data pemilih pemilu dan penyusunan daftar pemilih. Tahap ini dianggap krusial karena memiliki dampak langsung pada integritas dan keabsahan proses pemilihan umum. Sehingga kualitas data pemilih juga menjadi faktor penentu kualitas pemilu, karena pemilu yang berkualitas hanya dapat terwujud jika data pemilihnya berkualitas. Rumusan masalah dalam penelitian ini lahir dari fenomena tahap pemutakhiran data pemilih pemilu yang setiap pemilu pasti terjadi. Di Kota Padang peserta pemilu pada tahun 2024 di Kota Padang merupakan pemilih terbanyak pertama di Provinsi Sumatera Barat yaitu sebanyak 666.178 pemilih, yang mengalami kenaikan sebanyak 74.016 dari pemilu tahun 2019. Oleh karena itu yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peran stakeholder dalam pemutakhiran data pemilih pada pemilu tahun 2024 di Kota Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori electoral management body. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa data sekunder, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran yang dilakukan oleh lembaga penyelenggara pemilu yang bekerjasama dengan stakeholder dalam tahap pemutakhiran data pemilih pada pemilihan umum tahun 2024 di Kota Padang sudah berjalan baik yang terlihat pada kerjasama masing-masing stakeholder yang sudah berjalan sesuai dengan aturan dan fungsinya masing-masing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aidinil Zetra, MA Andri Rusta, S.IP, M.PP
Uncontrolled Keywords: Peran Stakeholder, Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih, Pemilihan Umum Kota Padang.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JF Political institutions (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 23 Aug 2024 03:28
Last Modified: 23 Aug 2024 03:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/478233

Actions (login required)

View Item View Item