PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG KULIT KAYU MANIS (Cinnamomum burmanni) PADA NUGGET DADIH TERHADAP ANTIOKSIDAN, KOLESTEROL, TOTAL KOLONI BAKTERI ASAM LAKTAT DAN NILAI ORGANOLEPTIK

Muhammad, Andry Hasibuan (2019) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG KULIT KAYU MANIS (Cinnamomum burmanni) PADA NUGGET DADIH TERHADAP ANTIOKSIDAN, KOLESTEROL, TOTAL KOLONI BAKTERI ASAM LAKTAT DAN NILAI ORGANOLEPTIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
bab 1 uplod.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
bab 5 uplod.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Dapus)
Dapus uplod.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full text ss.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (874kB)

Abstract

PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG KULIT KAYU MANIS (Cinnamomum burmanni) PADA NUGGET DADIH TERHADAP ANTIOKSIDAN, KOLESTEROL, TOTAL KOLONI BAKTERI ASAM LAKTAT DAN NILAI ORGANOLEPTIK MUHAMMAD ANDRY HASIBUAN, dibawah bimbingan Prof. Drh. Hj. Endang Purwati RN, MS., Ph.D dan Afriani Sandra S.Pt., M.Sc Bagian Teknologi Pengolahan Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas, 2019 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung kulit kayu manis (Cinnamomum burmanni) dalam pembuatan produk nugget dadih terhadap antioksidan, kolesterol, total koloni bakteri asam laktat dan nilai organoleptik. Penelitian ini menggunakan dadih sebanyak 2000 gram dan tepung kulit kayu manis 15 g. Peubah yang diamati adalah antioksidan, kolesterol, total koloni bakteri asam laktat dan nilai organoleptik. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah penambahan tepung kulit kayu manis yaitu A (0%), B (0,5%), C (1%), D (1,5%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan tepung kulit kayu manis terhadap nugget dadih berpengaruh nyata (P<0,05) meningkatkan kadar antioksidan dan menurunkan kadar kolesterol, berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap uji total koloni bakteri asam laktat serta berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap uji organoleptik rasa, tekstur dan aroma. Penambahan tepung kulit kayu manis pada nugget dadih perlakuan D (1,5%) memberikan hasil terbaik dengan kadar antioksidan 73,24%, kadar kolesterol 20,32 mg/dl, total koloni bakteri asam laktat 48,8 x 106 CFU/ml dan nilai organoleptik rasa 3,44, tekstur 3,68 dan aroma 3,80. Kata Kunci : dadih, tepung kulit kayu manis, kadar antioksidan, kadar kolesterol, total koloni bakteri asam laktat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Drh. Hj. Endang Purwati RN, MS., Ph.D
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 24 Jul 2019 14:53
Last Modified: 24 Jul 2019 14:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47784

Actions (login required)

View Item View Item