"TIONGHOA LUBUKLINGGAU" (Kajian Antropologi Terhadap Akulturasi Etnis Tionghoa di Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan)

Miftahul, Jannah (2019) "TIONGHOA LUBUKLINGGAU" (Kajian Antropologi Terhadap Akulturasi Etnis Tionghoa di Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 PENUTUP.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Miftahul Jannah, 1310821028, Skripsi Strata 1 (S1),” TIONGHOA LUBUKLINGGAU” (Kajian Antropologi Terhadap Akulturasi Etnis Tionghoa di Kota Lubklinggau Provinsi Sumatera Selatan). Jurusan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2019. Akulturasi merupakan bagian dari sosialisasi untuk mengidentifikasi diri sebagai bagian dari satu bangsa Indonesia. Dengan kata lain akulturasi merupakan adopsi oleh seseorang atau kelompok budaya dari budaya kelompok sosial lainnya yang terjadi ketika sekelompok individu yang berbeda melakukan kontak langsung secara terus menerus, dengan perubahan selanjutnya pada pola budaya asli salah satu atau kedua kelompok. Tionghoa Lubuklinggau sebagai salah satu pendatang dengan jumlah minoritas haurs menyesuaikan diri dengan kebudayaan mayoritas di Lubuklinggau, cara penyesuaian diri yang dilakukan oleh Tionghoa Lubuklinggau adalah dengan cara akulturasi. Oleh karena itu penelitian ini sendiri bertujuan untuk melihat serta menjabarkan dalam hal apa saja Tionghoa Lubuklinggau telah berakulturasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi etnografi, dengan mengunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi partisipatif, studi pustaka dan dokumentasi lain-nya untuk mendukung data-data yang diperoleh dari lapangan. Pemilihan informan menggunakan cara purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa Tionghoa Lubuklinggau telah berasimilasi dengan masyarakat Lubuklinggau. Asimilasi yang terjadi adalah melalui perdagangan, bahasa, perkawinan campuran, dan agama. Asimilasi yang terjadi pada Tionghoa Lubuklinggau merupakan akulturasi yang alamiah. Akulturasi ini merupakan dampak positif dari interaksi yang terjalin antara Tionghoa Lubuklinggau dengan masyarakat Lubuklinggau. Kata kunci : Tionghoa, Akulturasi, Lubuklinggau

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Maskota Delfi, M. Hum
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 24 Jul 2019 15:20
Last Modified: 24 Jul 2019 15:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47724

Actions (login required)

View Item View Item