PENGARUH LAMA PERENDAMAN DAN KONSENTRASI EKSTRAK AKAR ECENG GONDOK (Eichhornia crassipes (Mart.) Solms) TERHADAP PERKECAMBAHAN BENIH CABAI KOPAY (Capsicum annuum L. kultivar kopay)

Citra, Emelta (2024) PENGARUH LAMA PERENDAMAN DAN KONSENTRASI EKSTRAK AKAR ECENG GONDOK (Eichhornia crassipes (Mart.) Solms) TERHADAP PERKECAMBAHAN BENIH CABAI KOPAY (Capsicum annuum L. kultivar kopay). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak-compressed.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I-compressed.pdf - Updated Version

Download (34kB)
[img] Text (Bab 5. Kesimpulan dan Saran)
Kesimpulan dan Saran-compressed.pdf - Published Version

Download (26kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka-compressed.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
full skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh lama perendaman dan konsentrasi ekstrak eceng gondok (Eicchornia crassipes (Mart.) Solms) terhadap perkecambahan benih cabai kopay (Capsicum annuum L. kultivar kopay) telah dilaksanakan pada bulan November 2023 hingga Februari 2024 di Laboratorium Fisiologi Tumbuhan, Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama perendaman dan konsentrasi serta interaksi antara lama perendaman dan konsentrasi dengan ekstrak akar eceng gondok terhadap perkecambahan benih cabai kopay. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor 3 ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu (faktor a) lama perendaman (a1) 3 jam, (a2) 6 jam, (a3) 9 jam, dan (a4) 12 jam dan (faktor b) konsentrasi (b0) kontrol, (b1) 5%, (b2) 10%, (b3) 15%, dan (b4) 20%. Hasil yang diperoleh menunjukkan lama perendaman terbaik yaitu 3 jam memberikan pengaruh terhadap waktu muncul kecambah, kecepatan tumbuh, indeks vigor dan panjang akar. Faktor konsentrasi esktrak tidak berpengaruh terhadap semua parameter yang diuji. Interaksi lama perendaman dan konsentrasi ekstrak memberikan pengaruh terhadap waktu muncul kecambah, indeks vigor, panjang akar dan berat kering kecambah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Suwirmen, MS
Uncontrolled Keywords: Capsicum annuum, Eichhornia crassipes, Konsentrasi, Lama perendaman, Priming.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Unand
Date Deposited: 21 Aug 2024 09:44
Last Modified: 21 Aug 2024 09:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/476694

Actions (login required)

View Item View Item