Analisis Persepsi Konsumen terhadap Bauran Pemasaran Selai Buah Naga pada Usaha Parakno Farm di Kota Padang

Muthia, Ramadhani (2024) Analisis Persepsi Konsumen terhadap Bauran Pemasaran Selai Buah Naga pada Usaha Parakno Farm di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (42kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bauran pemasaran selai buah naga pada usaha Parakno Farm di Kota Padang dan (2) menganalisis persepsi konsumen terhadap bauran pemasaran selai buah naga pada usaha Parakno Farm di Kota Padang. Penelitian ini dilakukan pada 05 Mei hingga 15 Juni 2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan analisis data deskriptif kualitatif untuk tujuan pertama dan deskriptif kuantitatif untuk tujuan kedua. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Sebanyak 36 orang responden yang dilibatkan pada penelitian ini yang dipilih secara proportionate cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selai buah naga Parakno Farm memiliki cita rasa khas dan tidak mengandung pengawet sintetis yang ditawarkan dengan harga Rp 45.000 untuk ukuran 250 gram. Produk ini dijual di outlet usaha, Koperasi Anak Nagari Minangkabau, dan Pojok UMKM BCA KCU Padang serta secara online melalui media sosial. Kegiatan promosi dilakukan secara offline dan online. Persepsi konsumen belanja offline dan online terhadap bauran produk tergolong sangat tinggi dengan indeks rata-rata berturut turut 4,59 dan 4,55. Persepsi konsumen terhadap bauran harga tergolong tinggi dengan indeks rata-rata 3,81 (belanja offline) dan 3,92 (belanja online). Persepsi konsumen offline dan online terhadap bauran tempat/distribusi tergolong sangat tinggi dengan indeks rata-rata berturut-turut yaitu 4,26 dan 4,30. Persepsi konsumen terhadap bauran promosi tergolong tinggi dengan indeks rata-rata 3,79 (belanja offline) dan 3,85 (belanja online). Parakno Farm diharapkan dapat menambah variasi ukuran kemasan dan platform pemasaran online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rina Sari, SP., M.Si
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Buah Naga, Persepsi Konsumen
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 20 Aug 2024 03:52
Last Modified: 20 Aug 2024 03:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/476183

Actions (login required)

View Item View Item