PENGARUH EKSTRAK ETANOL RIMPANG KUNYIT SUMATRA (Curcuma sumatrana) TERHADAP GULA DARAH DAN HISTOPATOLOGI PANKREAS PADA MENCIT PUTIH YANG DIINDUKSI ALLOXAN

Revalina, Zahra (2024) PENGARUH EKSTRAK ETANOL RIMPANG KUNYIT SUMATRA (Curcuma sumatrana) TERHADAP GULA DARAH DAN HISTOPATOLOGI PANKREAS PADA MENCIT PUTIH YANG DIINDUKSI ALLOXAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Cover Abstrak .pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5..pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (196kB)
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full text reva.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (918kB) | Request a copy

Abstract

Diabetes mellitus (DM) adalah penyakit kelainan metabolisme yang disebabkan kurangnya hormon insulin. Kekurangan hormon insulin mengakibatkan glukosa yang dikonsumsi tidak dapat diproses oleh tubuh secara sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kunyit Sumatra (Curcuma sumatrana) sebagai ekstrak yang dapat menstabilkan profil gula darah dan mencegah kerusakan sel beta pankreas akibat diabetes mellitus yang diinduksi alloxan. Penelitian ini telah dilakukan secara eksperimen dari bulan April 2024 - Juli 2024 menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 5 kali ulangan. Mencit diberi perlakuan ekstrak kunyit Sumatra selama 4 minggu secara kontinyu, selanjutnya profil gula darah, histologi pankreas, pengukuran berat badan, konsumsi pakan dan minum diamati secara mikroskopis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak kunyit Sumatra (Curcuma sumatrana) dosis 350 mg/KgBB berpengaruh untuk menurunkan kadar gula darah rutin dan berpengaruh terhadap konsumsi minum pada mencit diabetes mellitus yang diinduksi alloxan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian ekstrak kunyit Sumatra (Curcuma sumatrana) dosis 350 mg/KgBB berpengaruh untuk menurunkan kadar gula darah rutin dan berpengaruh terhadap konsumsi minum pada mencit diabetes mellitus yang diinduksi alloxan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Kurniadi Ilham
Uncontrolled Keywords: Alloxan, Curcuma sumatrana, Histologi Pankreas, Kadar Gula Darah
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Unand
Date Deposited: 20 Aug 2024 02:06
Last Modified: 20 Aug 2024 02:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/475895

Actions (login required)

View Item View Item