PENENTUAN PRIORITAS PERBAIKAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN SURAT KABAR

FADEL, MUHAMMAD (2015) PENENTUAN PRIORITAS PERBAIKAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN SURAT KABAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (skripsi full text)
201502121439th_fadel muhammad 0910931001(1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan suatu industri dapat dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi yang saat ini terus berkembang. Perkembangan fungsi teknologi modern sangat berpengaruh terhadap perkembangan media cetak, salah satunya perkembangan dunia surat kabar. Bentuk pengaruh perkembangan teknologi terhadap surat kabar meliputi aspek produksi, distribusi, serta pola konsumsi masyarakat. Kemajuan pemikiran dan perubahan gaya hidup membuat pelanggan lebih selektif dalam penggunaan suatu produk, sedangkan produk yang ditawarkan saat ini semakin beragam. Bentuk usaha yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam mempertahankan pelanggan dan meningkatkan jumlah penjualan surat kabar yaitu dengan memperhatikan tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk yang ditawarkan terhadap pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menentukan prioritas dari faktor-faktor kepuasan pelanggan surat kabar serta menentukan prioritas perbaikan yang harus dilakukan perusahaan surat kabar untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dan Quality Function Deployment (QFD). Metode AHP digunakan untuk menentukan prioritas faktor-faktor kepuasan pelanggan terhadap surat kabar, sedangkan metode QFD digunakan untuk menentukan prioritas perbaikan yang harus dilakukan perusahaan surat kabar untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Berdasarkan studi literatur didapatkan 6 faktor dan 23 subfaktor kepuasan pelanggan surat kabar. Setelah divalidasi dihasilkan 6 faktor dan 24 subfaktor kepuasan pelanggan surat kabar. Hasil penentuan prioritas menunjukkan bahwa faktor pelayanan sebagai prioritas utama dalam usaha peningkatan kepuasan pelanggan surat kabar, diikuti oleh faktor kualitas produk, bahasa, faktor bahasa,desain, keunikan dan faktor harga. Dari subfaktor ketepatan waktu pengiriman menjadi prioritas utama dalam usaha peningkatan kepuasan pelanggan surat kabar, diikuti oleh subfaktor tata bahasa yang mudah dicerna dan dipahami, hingga subfaktor keterjangkauan harga eceran dengan prioritas terkecil. Selanjutnya dari penentuan prioritas perbaikan didapatkan bahwa peningkatan kemampuan jurnalistik karyawan merupakan prioritas utama dalam perbaikan yang harus dilakukan perusahaan surat kabar untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi perusahaan surat kabar untuk mempertahankan dan meningkatkan jumlah pelanggan dengan meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk surat kabar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: Mr Zainal Abidin
Date Deposited: 19 Apr 2016 03:37
Last Modified: 19 Apr 2016 03:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/4743

Actions (login required)

View Item View Item