KUALITAS SUSU SAPI FRIESIAN HOLSTEIN (TOTAL SOLID, SOLID NON FAT DAN KADAR AIR) DENGAN PEMBERIAN SUPLEMEN DAUN UBI JALAR (Ipomea batatas)

Rita, Darmayanti (2019) KUALITAS SUSU SAPI FRIESIAN HOLSTEIN (TOTAL SOLID, SOLID NON FAT DAN KADAR AIR) DENGAN PEMBERIAN SUPLEMEN DAUN UBI JALAR (Ipomea batatas). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab. I Pendahuluan)
2. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Penutup))
3. Bab Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian suplemen daun ubi jalar (Ipomea batatas) terhadap kualitas susu sapi Friesian Holstein (FH) yang meliputi total solid, solid non fat dan kadar air di Peternakan Sapi Perah Tunas Baru Padang Panjang. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sapi (FH) Laktasi kedua dan ketiga dengan bulan produksi kedua dan ketiga sebanyak 20 ekor dengan bobot badan sapi 400-450 kg. Metode yang digunakan adalah metode experimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu daun ubi jalar (Ipomea batatas) sebanyak 0 kg (A), 2 kg (B), 4kg (C), 6 kg (D) dari bobot badan ternak. Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah total solid, solid non fat dan kadar air susu sapi FH. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian suplemen daun ubi jalar (Ipomea batatas) memberikan pengaruh yang sangat nyata (0.01) terhadap total solid dengan nilai tertinggi 13.88% terendah 10.91 %, solid non fat dengan nilai tertinggi 10.48% dan terendah 7.89%, dan terjadi penurunan pada kadar air dengan nilai terendah 86.12% dan nilai tertinggi 89.09%%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian daun ubi jalar (Ipomea batatas) sebagai suplemen dapat meningkatkan kualitas susu (total solid, solid non fat dan menurunkan kadar air) susu sapi FH serta pemberian 6 kg daun ubi jalar memberikaan hasil terbaik. Kata Kunci: Daun Ubi Jalar, Sapi FH,Total Solid, Solid Non Fat,Kadar Air Susu Sapi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir.Hj. Elly Roza, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 24 Jul 2019 11:28
Last Modified: 24 Jul 2019 11:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47420

Actions (login required)

View Item View Item